Ilustrasi aksi antinarkoba (JIBI/Solopos/Antara) Ilustrasi aksi antinarkoba (JIBI/Solopos/Antara)
Selasa, 22 Juli 2014 21:10 WIB Ayu Abriyani KP/JIBI/Solopos Klaten Share :

HUT KE-54 ADHYAKSA
Kejaksaan Musnahkan Narkoba

Solopos.com, KLATEN–Kejaksaan Negeri Klaten memusnahkan barang bukti sekitar 23 gram narkoba dari 23 kasus yang terjadi di Klaten pada 2012 hingga pertengahan 2014. Kegiatan itu merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-54 yang diadakan Kejaksaan Negeri Klaten, Selasa (22/7/2014).

Berdasarkan data dari Kejaksaan Negeri Klaten, 23 gram narkotika yang dimusnahkan dengan cara dibakar tersebut terdiri atas beberapa jenis obat-obatan. Di antaranya, sabu-sabu, ganja, dan heroin atau putaw. Selain itu, juga dilakukan pemusnahan sejumlah alat untuk menggunakan narkoba.

“Barang bukti yang kami musnahkan mayoritas sabu-sabu dengan berat antara 0,1 gram hingga 1,1 gram. Jadi, totalnya sekitar 23 gram. Narkotika tersebut dari 23 kasus yang sudah divonis oleh Pengadilan Negeri Klaten pada 2012 hingga pertengahan 2014. Pemusnahan narkoba dan alat hisapnya disaksikan aparat Kepolisian, Dinas Kesehatan, perwakilan Granat Klaten, dan wakil Pengadilan Negeri,” kata Humas Kejaksaan Negeri Klaten, Surono, kepada wartawan, Selasa.

Ia menambahkan pelaku kasus narkotika tersebut ada yang dilakukan pelaku tunggal dan berkelompok. Mayoritas merupakan pemilik, pemakai, dan pengguna yang tertangkap pihak kepolisian. Selain itu, ada juga yang menjadi kurir atau penjual.

Surono berharap pemusnahan narkotika tersebut bisa menjadi sosialisasi bagi masyarakat bahwa obat-obatan terlarang tetap menjadi perhatian khusus bagi pihak berwajib. “Pemusnahan ini sekaligus menjadi sosialisasi bahwa ancaman bagi pemilik dan penjual obat-obatan terlarang tetap mendapat sanksi berat. Minimal hukuman penjara selama tiga hingga empat tahun penjara sehingga bisa meningkatkan kesadaran hukum masyarakat,” tuturnya.

Selain pemusnahan narkotika itu, Kejaksaan Negeri Klaten juga membagikan stiker dan kaos untuk warga di depan Jalan Pemuda. Saat itu, Kepala Kejaksaan Negeri Klaten, Sugianto, berharap dalam peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-54 bisa menjadi semangat baru untuk menangani permasalahan. Terutama, lanjut dia, memberantas kasus korupsi.

“Kami juga ingin mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pemberantasan korupsi di Klaten. Selain itu, dalam pemusnahan narkotika diharapkan bisa menjadi perhatian khusus bagi masyarakat jika kasus itu tetap menjadi pantauan pihak berwajib,” katanya.

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…