Jogja
Selasa, 22 Juli 2014 - 13:45 WIB

HASIL PILRES 2014 : Polda dan Korem Amankan Objek Vital

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasukan Operasi Ketupat Progo Diapelkan sebelum Hasil Rekapitulasi Suara Pilpres 2014

Harianjogja.com, SLEMAN – Polda DIY bersama Korem 072 Pamungkas mengamankan objek vital seiring pengumuman dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait hasil rekapitulasi suara Pilpres 2014 hari ini. Pengamanan dilakukan secara terpadu untuk mengantisipasi kemungkinan adanya gangguan kamtibmas.

Kabid Humas Polda DIY, AKBP Anny Pudjiastuti menjelaskan pengamanan terkait pengumuman Pilpres dilakukan secara terpadu antara TNI dan Polri. Secara konkret dilakukan pada tingkatan seperti Polsek bersama Koramil, Polres dengan Kodim setempat dan Polda DIY bersama dengan Korem 072 Pamungkas. Giat operasi gabungan ini akan dilakukan sampai proses pemilu selesai. Bahkan sampai dengan pelantikan yang bertujuan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas di tingkat daerah.

Advertisement

“Semalam [Minggu 20/7] juga operasi gabungan dari Polda langsung dipimpin Dirsabhara [Kombes Yulza Sulaiman] pada malam hari,” terang Anny saat ditemui Senin (21/7/2014).

Bentuk operasi gabungan, lanjutnya, dilakukan dengan patroli dan giat razia terutama di wilayah perbatasan. Sasaran razia yaitu pihak baik individu maupun kelompok yang membawa sajam, senpi, maupun barang berbahaya lain. Anny menambahkan hari ini (22/7/2014), pihaknya bersama TNI juga melakukan pengamanan pada kantor penyelenggara Pemilu seperti KPU, Bawaslu baik level propinsi maupun daerah.

“Jumlah personil dari kepolisian ada sekitar 6.465 personel sesuai dengan operasi mantap brata. Semua objek vital diamankan,” ungkapnya.

Advertisement

Terpisah Kepala Penerangan Korem 072/Pamungkas Mayor Inf Munasik menyatakan pengamanan gabungan dilakukan secara menyeluruh di DIY. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang, melaksanakan aktivitas seperti hari-hari biasa dan tidak perlu takut.

“Kami akan berusaha memberikan rasa aman bersama kepolisian,” ujarnya melalui sambungan telepon.

Dalam melakukan pengamanan lanjutnya, secara teknis personil TNI akan mengamankan di luar area objek vital. Pihaknya juga mensiagakan kendaraan tempur di markas jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif