News
Senin, 21 Juli 2014 - 18:30 WIB

HASIL PILPRES 2014 : Malam Ini, PKS Gelar Rekapitulasi C1 dari Sabang sampai Merauke

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (beritapemilu.com)

Solopos.com, JAKARTA – Partai Keadilan Sejahtera mengaku siap adu data real count perolehan suara pemilihan presiden dan wakil presiden. Hari ini, Senin (21/7/2014),  KPU menggelar rekapitulasi C1 dari Provinsi Aceh sampai Papua.

Pantauan Solopos.com, laman PKS Piyungan, Senin (21/7/2014), melaporkan Rekapitulasi oleh partai pendukung Prabowo-Hatta akan digelar berdasarkan formulir C1 yang dipegang oleh saksi-saksi yang berasal dari PKS. Acara ini akan digelar di kantor pusat mereka di Jl. TB Simatupang, Jakarta.

Advertisement

Menurut rencana, sejumlah saksi dan Tim Hukum Prabowo-Hatta akan memberikan keterangan terkait kecurangan yang dilakukan secara masif, terstruktur dan sistematis pada 12 propinsi.

Dari rilis yang disebarkan ke wartawan, sebagai gambaran atau contoh kasus kecurangan adalah di satu kabupaten di Provinsi Papua yang “tidak ada” Pemilu Presiden namun rekapitulasi KPU mengatakan pasangan nomor urut 2, Joko Widodo-Jusuf Kalla, menang.

Sementara, Komisi Pemilihan Umum hari ini kembali melanjutkan proses perhitungan suara pemilihan Presiden 2014 secara nasional. Di hari pertama, KPU berhasil merekapitulasi 15 dari 33 provinsi.

Advertisement

Sebelumnya Anggota Majelis Syuro PKS Tifatul Sembiring mengaku pihaknya memiliki bukti kuat yang dikumpulkan oleh saksi-saksi dari kubu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Dilansir Detik, Senin, Menurut Tifatul, PKS melakukan real count berdasarkan data formulir C1 yang dikumpulkan oleh para saksi dari tempat pemungutan suara (TPS). “Oh iya dong [adu data]. Kami punya bukti juga kan, saksinya hampir 80 persen PKS ya,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) ini.

Saksi-saksi dari kubu capres-cawapres Prabowo-Hattanya sekitar 80 persen berasal dari PKS. Saksi lainnya berasal dari kader partai pengusung Prabowo-Hatta.

Advertisement

Hari ini KPU kembali melanjutkan rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional. Siang ini hasil pilpres di Provinsi Bali disahkan. Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul dengan memperoleh 1.535.110 suara, sementara Prabowo-Hatta 614.241 pemilih.
Komisioner KPU Sigit Pamungkas mengatakan, pihaknya akan mengupayakan agar proses rekapitulasi dapat tuntas secepatnya.

“Kalau kita melihat proses rekapitulasi hari pertama di mana bisa berjalan lancar dan keberatan bisa dijawab dengan baik, kita mengusahakan bisa menuntaskan provinsi yang masih tersisa hari ini,” kata Sigit di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (21/7/2014).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif