Otomotif
Senin, 21 Juli 2014 - 03:42 WIB

BURSA MOTOR INDONESIA : Gencar Promosi, Yamaha Klaim Peningkatan Penjualan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Yamaha Fino (Modifmotors.com)

Solopos.com, JAKARTA — Penjualan sepeda motor matic milik Yamaha terus meningkat dari waktu ke waktu. Peningkatan tersebut dipengaruhi gencarnya kegiatan promosi dan outdoor yang dilakukan.

General Manager (GM) Marketing Communications & Community Development Yamaha Indonesia, Eko Prabowo, menyampaikan sepeda motor jenis matic masih menjadi primadona pada penjualan tahun ini. Apalagi varian baru, yakni Fino FI yang diluncurkan pada Januari lalu di Bali juga diterima dengan sangat baik oleh masyarakat. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan penjualan Juni 2014 lalu.

Advertisement

Eko menyebutkan meski baru sekitar enam bulan diluncurkan namun penjualan Fino FI mampu menembus 17.286 unit pada Juni 2014 lalu. Hal tersebut naik sekitar 58% jika dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya 10.964 unit.

“Kami mengadakan berbagai macam promosi dan aktivitas outdoor untuk Fino FI. Selain itu, kami juga melakukan promosi dengan mengunggah video filler A Day With Mio Fino, Jelajah Jakarta hanya dengan Rp50.000, yang menunjukkan keiritan sepeda motor matic ini,” ungkap Eko, melalui siaran pers yang diterima Solopos.com, Jumat (18/7/2014).

Meski demikian, diakuinya, selama ini, dominasi penjualan masih dipegang oleh GT series. Eko menuturkan Mio GT mampu terjual 43.912 unit yang merupakan penjualan paling banyak. Kemudian disusul penjualan GT 125 sebanyak 23.017 unit dan Soul GT sebanyak 17.385 unit pada Juni. Oleh karena itu, GT series ini berkontribusi sekitar 62% terhadap total penjualan matic di Juni dan 64% pada penjualan satu semester (Januari-Juni 2014).

Advertisement

Menurut dia, dominasi GT series ini dipengaruhi kualitas dan keunggulan tipe ini. Oleh karena itu, pada tahun ini, pihaknya juga menjadikan GT series sebagai ikon tema mudik, yakni Mudik GT (Gembira dan Tenang-Gembira Berangkatnya, Tenang dalam Perjalanannya). “GT series juga merupakan motor yang paling banyak diangkut pada program Mudik GT tahun ini berdasarkan data yang sudah masuk hingga saat ini, yakni sekitar 50%,” papar Eko.

Eko mengatakan GT Series merupakan backbone penjualan Yamaha di Jakarta karena 50% penjualan matic diperoleh melalui tipe ini. Oleh karena itu, tak heran tema mudik yang menggunakan image GT series mengakar kuat di masyarakat ibukota dan juga kota lain di Indonesia.

Sementara itu, penjualan Yamaha pada Juni 2014 untuk kategori bebek, kontribusi Jupiter MX paling tinggi, yakni 21.375 unit atau naik sekitar 10% jika dibandingkan Mei. Sedangkan penjualan Vega RR tercatat sebanyak 15.664 unit pada Juni 2014 atau naik 24% jika dibandingkan bulan sebelumnya.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif