Jogja
Kamis, 17 Juli 2014 - 08:39 WIB

MUDIK LEBARAN 2014 : Pemudik ke Gunungkidul Diperkirakan Mencapai 100.000 Orang

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Gunungkidul, Purnama Jaya memperkirakan jumlah pemudik tahun ini mencapai 100.000 orang.

Tak hanya menggunakan armada bus, pemudik diperikarakan akan menggunakan kendaaraan pribadi saat mudik ke kampung halamannya di Gunungkidul.

Advertisement

“Lonjakan pemudik akan terlihat lima hari sebelum lebaran,” ungkapnya, Rabu (16/7/2014).

Dia memperkirakan, tahun ini terdapat lonjakan jumlah pemudik dibandingkan dengan arus mudik di tahun sebelumnya. adapun prosentasennya mencapai 5 hingga 15%.

Untuk itu, pihaknya telah melakukan antisipasi degan mendirikan posko di beberapa titik untuk pemantauan arus mudik lebaran.

Advertisement

“Salah satunya kami akan mendirikan pos pemantauan di Kali Pentung, Patuk,” sebut Purnama.

Seorang pemilik agen bus di Terminal Wonosari, Anung mengungkapkan melihat antusiasme arus balik penumpang, dia optimistis lonjakan penumpang akan lebih tinggi dibandingkan dengan lebaran tahun lalu. Dia pun berharap, agar pemangku kebijakan untuk melakukan antisipasi terhadap lonjakan tersebut.

“Biasanya saat lebaran, perjalanannya membutuhkan waktu lebih lama lagi. Harapannya, itu bisa disiasati agar waktu tidak terbuang percuma di jalan,” ungkapnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif