Sport
Selasa, 15 Juli 2014 - 16:31 WIB

INDONESIA VS QATAR, 2-2 : Riedl Optimistis Mental Timnas Senior Meningkat

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas Garuda Alfred Riedl. Ist/bolaindo.com

Harianjogja.com, JAKARTA—Mental pemain Timnas Indonesia yang dipersiapkan untuk Piala AFF 2014 dinilai meningkat seiring dengan hasil positif saat menghadapi tuan rumah Qatar pada pertandingan persahabatan di Stadion Saud bin Abdul Rahman Al Wakra, Doha, Selasa (15/7/2014).

Pada pertandingan tersebut, Timnas Garuda mampu menahan imbang tuan rumah dengan skor 2-2. Gol anak asuh Alfred Riedl itu dipersembahkan oleh Ricardo Salampessy pada menit pertama dan gol dari Irfan Bachdim pada waktu perpanjangan babak kedua.

Advertisement

“Poin penting dari pertandingan tadi adalah pemain mampu keluar dari tekanan. Ini menunjukkan mental bertanding pemain mulai meningkat. Apalagi kualitas lawan cukup bagus,” kata Alfred Riedl seperti yang dilansir tim media PT Liga Indonesia.

Pelatih asal Austria itu mengaku, mampu unggul cepat memang membuat permainan lebih lepas. Hanya saja tekanan yang cukup kuat dari lawan yang tidak ingin malu di kandang membuat konsentrasi Hamka Hamzah dan kawan-kawan menurun. Hasilnya Qatar mampu menyamakan kedudukan menjelang akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Timnas Garuda mencoba untuk memberikan tekanan. Pergantian beberapa pemain membuat pola serangan lebih variatif. Hanya saja timnas justru kebobolan setelah salah pemain Qatar, Abdulkhadir Elyas Bakur mampu menjebol gawang Kurnia Meiga.

Advertisement

Dalam kondisi tertinggal dan siangnya mayoritas pemain menjalankan puasa, ternyata tidak membuat semangat Timnas Garuda mengendur. Serangan demi serangan dibangun dan akhirnya Irfan Bachdim mampu menyamakan kedudukan menjelang pertandingan usai. Hasil ini mendapatkan apresiasi tinggi dari Alfred Riedl.

“Saya sangat mengapresiasi para pemain. Dengan kondisi berpuasa, mereka sama sekali tidak menunjukkan penurunan performa di lapangan, baik di sesi latihan maupun di pertandingan tadi malam,” katanya menambahkan.

Pelatih yang membawa Timnas Indonesia menjadi runner up Piala AFF 2010 itu menegaskan, jika persiapan jauh lebih lama dibandingkan saat ini yang kurang dari satu pekan dipastikan hasilnya akan berbeda. Meski demikian pihaknya menilai performa Cristian Gonzales dan kawan-kawan juga mulai meningkat.

Advertisement

“Kalau masa persiapan yang sedikit lebih lama, kurang lebih dua pekan mungkin akan memberikan hasil yang lebih memuaskan. Skema latihan setelah berbuka di bulan Ramadhan ini merupakan hal yang memberikan efek positif kepada tim saya,” kata mantan pelatih Timnas Vietnam itu. (JIBI/SOLOPOS/Ant)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif