Soloraya
Senin, 14 Juli 2014 - 18:30 WIB

RAMADAN 2014 : Kampus Pemberdayaan Sediakan 25.000 Nasi Bungkus

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi nasi bungkus (JIBI/Harian Jogja/Antara/Sumaryanto Bronto)

Solopos.com, SOLO — Kampus Pemberdayaan Perempuan Solo menyediakan 25.000 nasi bungkus untuk dibagikan kepada keluarga miskin yang tersebar di sekitar stasiun kereta api, terminal, bantaran sungai, dan daerah terpencil.

Pimpinan kampus yang bergerak pada pemenuhan akses pendidikan gratis bagi para perempuan kurang mampu di Solo itu, Muhammad Suwono Hadi Sumitro, mengatakan setiap hari 1.000 nasi bungkus disebar ke masyarakat. Selain para mahasiswa Kampus Pemberdayaan Perempuan, sejumlah ibu rumah tangga di RW 008 Gilingan juga turut serta membantu meracik nasi bungkus.

Advertisement

“Pembagian nasi bungkus kami mulai sejak tanggal 1 Juli atau awal puasa. Kami membagi bungkusan nasi di 30 lokasi setiap hari. Tempat atau target sasaran pembagian berdasarkan data yang sudah masuk ke kami namun tidak menutup kemungkinan untu bisa tambah [tempat pembagian] lagi,” Mbah Wono, sapaan Suwono saat dijumpai Solopos.com di Kampus Pemberdayaan Perempuan, Senin (14/7/2014).

Mbah Wono mengatakan pengadaan nasi bungkus tersebut merupakan sumbangan para donatur. Setiap hari Kampus Pemberdayaan membutuhkan Rp6 juta guna menyediakan nasi bungkung dari dengan berbagai macam sayur dan lauk tersebut. “Donatur memberikan sumbangan dalam bentuk uang untuk belanja bahan dan ada pula yang berwujud bahan jadi. Semua [sumbangan] kami kumpulkan untuk diolah menjadi makanan dengan berbagai macam menu,” imbuh Mbah Wono.

Mbah Wono berharap sedekah nasi bungkus bisa meringankan beban keluarga miskin yang menjadi sasaran kegiatan tersebut. “Lumayan mereka [masyarakat miskin] dapat menghemat uang senilai Rp10.000 sampai Rp15.000 setiap hari. Jika, 25 hari kan mereka bisa menghemat uang banyak,” imbuh Mbah Wono.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif