Ilustrasi tes wawancara CPNS Ilustrasi tes wawancara CPNS (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)
Senin, 14 Juli 2014 00:45 WIB Insetyonoto/JIBI/Solopos Peristiwa Share :

LOWONGAN CPNS 2014
Syarat Daftar CPNS Disederhanakan, Tak Lagi Ribet...

Solopos.com, SEMARANG — Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) menyederhanakan syarat pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014. Pendaftar tidak lagi ribet harus melampirkan kartu kuning, surat keterangan kesehatan, dan lainnya.

Sekretaris Kemenpan dan RB, Tasdik Kinanto, mengatakan pendaftaran CPNS 2014 lebih sederhana, tidak perlu melampirkan berkas surat-surat kelengkapan administrasi. “Pendaftaran CPNS 2014 melalui sistem computer assisted test (CAT) dilakukan secara online. Pendaftar tinggal memasukkan data pribadi, tidak perlu persyaratan administrasi,” katanya ketika berkunjung ke Kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Sabtu (12/7/2014).

Persyaratan administrasi seperti kartu kuning dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), surat keterangan sehat, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan lainnya baru dilampirkan ketika pendaftar dinyatakan diterima seleksi CPNS tahap awal melalui sistem CAT. “Jadi mendaftar CPNS sekarang tidak perlu modal, bisa melalui komputer pribadi atau ke warnet untuk melakukan pendaftaran melalui sistem CAT,” paparnya.

Setelah mendaftar di CAT, langsung ada tes seleksi meliputi Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Materi TKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). “Pelamar bisa langsung mengetahui nilainya. Bila nilainya memenuhi standar kelulusan maka dinyatakan lolos seleksi CPNS tahap awal,” paparnya.

Kemenpan dan RB pada 2014 akan membuka 100.000 lowongan yang terdiri atas 65.000 PNS dan 35.000 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K). Pendaftaran dan registrasi dilakukan secara online dan terintegrasi dengan sistem single entry melalui sistem CAT. Satu pelamar dapat memilih tiga jabatan dalam satu instansi.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng, Suko Mardiono, mengatakan Jateng akan mendapatkan jatah sebanyak 1.538 lowongan. Sebanyak 1.538 lowongan CPNS itu untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng sebanyak 166 lowongan dan 1.372 lowongan disebar ke 30 pemerintah kabupaten/kota.

“Ada lima pemerintah kabupaten [pemkab] yang tidak membuka lowongan CPNS 2014, yakni Rembang, Pemalang, Karanganyar, Kudus, dan Wonosobo,” ungkap dia.

 

lowongan kerja
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…