Jogja
Senin, 14 Juli 2014 - 19:20 WIB

GEMPA PACITAN : Tak Ada Laporan Kerusakan di Gunungkidul

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gempa Mag:5.6 SR,14-Jul-14 12:05:02 WIB,10 Km-104 km Tenggara PACITAN-JATIM (@infoBMKG via twitter)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Gempa yang melanda Pacitan, Jawa Timur, Senin (14/7/2014) sekitar pukul 12.05 WIB terasa sampai di wilayah Gunungkidul.

Akibatnya, banyak warga panik dan berhamburan keluar ruangan untuk mencari tempat yang aman. Meski demikian, tidak ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut.

Advertisement

Berdasarkan pantauan yang dilakukan kemarin, goncangan gempa  terasa cukup kuat. Akibatnya, beberapa warga mengalami kepanikan dan histeris karena teringat gempa yang terjadi pada 2006 lalu. Pasalnya, bagi sebagian masyarakat gempa di tahun itu masih membekas hingga sekarang ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gunungkidul, Budhi Harjo mengatakan setelah terjadi gempa pihaknya langsung melakukan pematauan lokasi. Tujuannya, untuk melakukan pendataan apakah ada kerusakan yang diakibatkan adanya gempa Pacitan itu.

“Hingga kini belum ada laporan kerusakan. Tapi, kami akan terus memantau situasi dan kondisi,” katanya.

Advertisement

Meski demikian, Budhi secepatnya akan melakukan koordinasi dengan semua pihak, guna memastikan apakah ada dampak yang ditimbulkan akibat gempa yang berpusat di tenggara kota Pacitan itu. Namun, yang paling penting warga diimbau tidak panik dan tetap waspada.

“Yang paling penting tetap waspada, karena itu penting untuk keselamatan diri. Kalau ada gempa lagi, warga diminta sebisa mungkin segera keluar dari ruangan,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif