Pialadunia
Minggu, 13 Juli 2014 - 11:30 WIB

PIALA DUNIA 2014 : Brasil Kebobolan 10 Gol dalam 2 Pertandingan, Scolari Tolak Mundur

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Luiz Filipe Scolari seusai timnas Brasil dihancurkan Jerman dengan skor akhir 1-7, Rabu (9/7/2014) WIB. (JIBI/Solopos/Reuters/David Gray)

Solopos.com, JAKARTA – Pelatih Timnas Brasil Luiz Felipe Scolari tolak mundur setelah Brasil remuk redam setelah digasak Belanda 3-0 dalam perebutan gelar Juara III, Sabtu (12/7/2014) pukul 17.00 waktu setempat atau Minggu (13/7/2014) pukul 03.00 WIB.

Belanda melumat Brasil 3-0 melalui gol Robin van Persie (penalti menit ke-3), Daley Blind (menit ke-17), dan Georginio Wijnaldum (menit ke-91). Saat ditunggu pernyataannya untuk mengundurkan diri, Scolari malah berkilah bahwa dirinya akan menyerahkan sepenuhnya kinerja Timnas Brasil kepada Confederação Brasileira de Futebol (CBF) atau PSSI-nya Brasil.

Advertisement

“Itu akan diputuskan CBF. Kami telah sepakat untuk setelah Piala Dunia berakhir, posisi sepenuhnya ada di tangan Presiden CBF,” ujar Scolari seperti dilansir Reuters hari ini, Minggu (13/7/2014).

Sikap Scolari itu tak terlepas dari pernyataan Presiden Konfederasi Sepakbola Brasil (CBF), Marco Polo del Nero, Jumat (11/7/2014) lalu, yang tetap memberikan dukungan kepada Scolari. Ini didasarkan pada performa Scolari dalam 19 bulan terakhir dengan mangantarkan Brasil menjuarai Piala Konfederasi 2013 dengan mengalahkan Spanyol 3-0.

Sayangnya, rapor Scolari itu ternoda dengan dua kekalahan telak di Piala Dunia 2014, yaitu kalah 1-7 melawan Jerman di semi final dan kalah 0-3 dari Belanda di perebutan juara III. Apakah pernyataan CBF itu hanya basa-basi? Karena hampir sebagian besar suara rakyat Brasil menuding Scolari sebagai biang kehancuran timnas Brasil?

Advertisement

Yang jelas, rasa frustasi juga melanda para pemain Timnas Brasil. Pemain tengah Brasil bernomor punggung 11, Oscar, langsung lesu susai pertandingan. “Apa pun yang akan Anda katakan, terserah Anda. Kami berharap meraih Juara III, tetapi nyatanya tidak. Ini bukan hari baik kami. Kami sudah kehabisan kata-kata,” tukas Oscar.

Oscar pantas kehabisan kata-kata, karena laga perebutan Juara III tak menyisakan gelar apa pun buat hiburan bagi tuan rumah Brasil. Belanda pun memborong gelar laga Juara III dan gelar man of the match diberikan kepada Arjen Robben.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif