Teknologi
Minggu, 13 Juli 2014 - 05:32 WIB

KLINIK ANDROID : BBM Android Macet, Ini Solusinya!

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi BBM untuk Android (Dok/JIBI/Solopos)

Klinik Android diasuh oleh Founder Android Solo, Erwin Christanto. Klinik Android hadir di Solopos.com dan di HU Solopos edisi Minggu.

Salam Droid pembaca setia Solopos. Pada edisi kali ini saya akan menjawab beberapa email yang telah masuk. Agar jawaban lebih tepat mengenai sasaran, dimohon bagi yang bertanya mencantumkan Tipe/Merk HH (Handheld), OS Androidnya, Sudah di root atau belum? serta pertanyaan yang lebih detail. Terima kasih

Advertisement

Tanya: Joanna Meyke

“Salam kenal Mas Erwin, saya Meyke. HP Android saya Lenovo S960 atau Lenovo Vibe X Permasalahan saya, BBM tidak bisa dibuka, dan sudah pasti tidak bisa digunakan. Padahal semua aplikasi jejaring sosial semua bisa.

Saya sudah coba Uninstall BBM, lalu saya kembali Install BBM, juga sudah saya restart. Tetap tidak mau dibuka, disertai dengan tulisan : Unfortunately, BBM has stopped Seperti itu mas… Bagaimana solusinya? Terima kasih sebelumnya mas Erwin.”

Advertisement

Jawaban:

Salam kenal juga Meyke, Ini kasusnya apakah HP Anda baru? Jadi instal aplikasi BBM di HP baru atau sebelumnya sudah ada aplikasi BBMnya? Kalau HP baru biasanya tidak ada masalah selama spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi BBM terpenuhi.

Sedangkan jika kasusnya sebelumnya sudah ada aplikasinya, lalu rusak (tidak bisa dibuka), setelah melakukan reinstall tetap tidak mau, ada cara lagi yang bisa ditempuh, yaitu anda download file apk dari aplikasi bbm tersebut, lalu instal secara manual via menu eksplorer dan jalankan file yang tadi sudah didownload berupa file .apk (bbm.apk). Jika cara tersebut masih tidak bisa, terpaksa anda harus reset hp anda via factory data reset, konsekuensinya hp anda menjadi seperti baru (aplikasi standart bawaan pabrik), jikalau ada data serta aplikasi yang penting, jangan lupa backup terlebih dahulu, setelah factory data reset anda bisa instal aplikasi bbm lagi via playstore. Selamat mencoba 🙂

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif