Jateng
Sabtu, 12 Juli 2014 - 00:30 WIB

Hore, KAI Semarang Luncurkan KA Pekalongan Ekspres

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi kereta api (JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia)

Harianjogja.com, SEMARANG-PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI DAOP) IV Semarang meluncurkan Kereta Api (KA) Pekalongan Ekspres sebagai KA lokal yang melayani jurusan Semarang-Pekalongan PP.

Peluncuran KA Pekalongan Ekspres yang membawa lima gerbong KA ekonomi AC dengan kapasitas angkut sebanyak 530 penumpang ditandai dengan pemberangkatan perdana dari Stasiun Tawang Semarang, Jumat (11/7/2014). KA Pekalongan Ekspres melintasi rute, yakni Stasiun Semarang Tawang-Semarang Poncol-Weleri-Plabuan-Pekalongan PP dengan estimasi waktu tempuh sekitar satu setengah jam untuk setiap pemberangkatan.

Advertisement

Menurut Kepala PT KAI Daops IV Semarang Wawan Ariyanto, KA Pekalongan Ekspres dimaksudkan untuk memberikan kontribusi langsung bagi perkembangan pariwisata di Jawa Tengah, khususnya Pantai Plabuan, Batang.

“Dengan adanya alternatif akses angkutan KA ke wilayah Pantai Plabuan, Batang, diharapkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata itu ke depannya akan semakin meningkat,” ungkapnya.

Peningkatan jumlah wisatawan, kata dia, tentunya akan meningkatkan gairah pertumbuhan perekonomian di wilayah tersebut, termasuk membuka lapangan pekerjaan, khususnya bagi masyarakat Batang dan sekitarnya.Dengan peluncuran KA Pekalongan Ekspres yang mengakomodir akses transportasi pariwisata ke Pantai Plabuan, ia mngeharapkan ke depannya akan ada KA-KA lokal yang mengakomodir kebutuhan serupa.

Advertisement

“Diharapkan ke depannya akan ada lagi KA-KA lokal yang menjadi akses masuk destinasi wisata di Jateng, seperti Museum KA Ambarawa yang sampai sekarang belum bisa dijangkau dengan transportasi KA,” kata Wawan.

Sementara itu, Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Suprapto menyebutkan harga tiket KA Pekalongan Ekspres berkisar antara RP25.000-40.000/tempat duduk sesuai dengan tujuan pemberhentian yang diinginkan.

“Misalnya, dari Semarang tujuan Weleri atau Pantai Plabuan harga tiketnya Rp25 ribu/tempat duduk, Plabuan ke Pekalongan Rp25 ribu/tempat duduk. Kalau Semarang-Pekalongan Rp40.000 per tempat duduk,” katanya.

Advertisement

Untuk jadwal keberangkatan KA Pekalongan Ekspres, setiap harinya berangkat dari Semarang Tawang pukul 10.30 WIB dan sampai Plabuan dijadwalkan pukul 11.29 WIB, sementara sampai Pekalongan pukul 12.04 WIB. Dari arah sebaliknya, KA Pekalongan Ekspres berangkat dari Stasiun Pekalongan pukul 13.10 WIB dan dijadwalkan sampai Plabuan sekitar pukul 13.45 WIB dan melanjutkan perjalanan sampai Semarang pukul 14.41 WIB

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif