Soloraya
Sabtu, 12 Juli 2014 - 13:03 WIB

DINAMIKA PILPRES 2014 : Giliran Spanduk Kemenangan Jokowi-JK Ditertibkan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, SOLO—Tim gabungan tidak hanya menertibkan puluhan spanduk kemenangan Prabowo-Hatta, tetapi juga menertibkan spanduk milik pasangan Jokowi-JK, Jumat (11/7) malam. Tim gabungan berhasil menertibkan 29 spanduk milik Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK hingga Sabtu (12/7/2014).

Tim gabungan tersebut terdiri atas Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polresta Solo, dan perwakilan dua tim pemenangan pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres).

Advertisement

Ketua Panwaslu Solo, Sri Sumanta, saat dihubungi solopos.com, Sabtu, mengungkapkan penertiban spanduk itu berlangsung secara bertahap sejak Jumat pagi hingga Jumat malam. Tim gabungan itu menyisir hampir semua lokasi di Kota Solo. Sumanta, sapaan akrabnya, menyatakan Solo sudah bersih dari semua atribut berbau pemenangan pilpres.

“Penertiban itu dilakukan untuk menjaga kondusivitas daerah. Spanduk kemenangan Prabowo-Hatta yang berhasil ditertibkan sebanyak 27 buah dan ternyata ada laporan masyarakat tentang adanya spanduk dari tim pendukung Jokowi-JK. Kami menerima laporan itu tadi malam [Jumat]. Kami bersama KPU langsung bergerak menyisir titik-titik spanduk dari pendukung Jokowi-JK. Hanya kami bertiga, yakni saya, Pak Budi Wahyono [anggota Panwalu], dan Mas Agus [Agus Sulisty, Ketua KPU Solo],” terang Sumanta.

Informasi yang diterima Sumanta, spanduk Jokowi-JK itu ada tujuh lokasi. Namun, setelah disisir, kata dia, tim Panwaslu-KPU hanya menemukan dua titik. Menurut dia, informasi dari masyarakat lima titik lainnya sudah diturunkan sendiri oleh tim pendukung Jokowi-JK.

Advertisement

“Kami mengimbau kepada semua pihak agar tetap menjaga kondusivitas daerah dan tetap menunggu adanya penetapan KPU tentang siapa pasangan calon yang mendapat suara terbanyak. Kami minta semua pihak bisa bersikap arif dan bijaksana dalam menyikapi perkembangan politik pascapemungutan suara pilpres,” tuturnya.

Sementara itu, pendiri Mega Bintang Moedrick Sangidu mengakui pemasangan spanduk ucapan selamat dan sukses atas kemenangan Prabowo dilakukan kali pertama oleh tim Mega Bintang dan disusul oleh Sukarelawan Merah Putih Soloraya. Menurut dia, spanduk-spanduk itu sudah diturunkan. “Kami hanya memasang 6-7 spanduk di Solo. Ada juga pemasangan spanduk serupa di luar wilayah Solo. Tapi sepertinya juga diturunkan. Kalau spanduk Jokowi-JK itu masyarakat banyak yang tahu dan mestinya juga ditertibkan,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif