News
Jumat, 11 Juli 2014 - 10:00 WIB

PRABOWO VS JOKOWI : Timses JKW-JK: Emosional Vs Rasionalitas

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

 Solopos.com, JAKARTA — Juru bicara pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Poempida Hidayatullah menyebut pertarungan antara pihaknya denga kubu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa seolah seperti pertarungan antara pihak yang menekankan rasionalitas dengan pihak yang emosional.

Poempida menganggap kubu Prabowo-Hatta hanya menggunakan emosi saat mengumumkan bahwa pasangan nomor urut 1 itu unggul dalam quick count (hitung cepat) pemilu presiden (pilpres). Sebab klaim Prabowo-Hatta, kata dia, tidak disertai dengan pemaparan data yang valid.

Advertisement

“Memang ini pertarungan antara rasional dan emosional. Kalau bilang menerima mandat rakyat itu lembaganya mana? Kalau seperti itu mereka ingin membentuk image bahwa ini benar,” kritik Poempida dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (10/7/2014).

Sementara kubu Jokowi-JK, sambungnya, mengklaim kemenangan dengan dilengkapi pemaparan data berupa lembaga survei dan stasiun televisi pelaku quick count yang dijadikan dasar. “Kita memakai lembaga yang bisa dipercaya, dari orangnya sampai hasilnya,” sambungnya.

Poempida juga mennyayangkan sikap Hatta Rajasa yang menurutnya terkesan tidak kesatria. Padahal saat Pilpres 2009 lalu ketika Hatta menjadi Ketua Tim Pemenangan SBY-Boedionoa ia langsung menngakui hasil quick count yang dilakukan banyak pihak.

Advertisement

Namun saat Pilpres 2014, saat ia maju sebagai calon wakil presiden, sikap kesatria itu menurut Poempida telah hilang. “Kok sekarang enggak bisa menerima hasil quick count dari lembaga yang sama, televisi yang sama? Bagaimana kenegarawanan Hatta,” tanya dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif