News
Kamis, 10 Juli 2014 - 15:27 WIB

UII Bakal Desain Ulang Boulevard

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Istimewa)

Harianjogja.com, SLEMAN– Universitas Islam Indonesia (UII) Jogja berupaya menciptakan lingkungan kampus yang nyaman bagi civitas akademika maupun masyarakat. Salah satu usahanya dengan mendesain ulang boulevard yang merupakan pintu masuk kampus terpadu UII Jogja.

Koordinator Perencana Redesign Boulevard UII Ilya Fadjar Maharika mengatakan latar belakang kebijakan ini bermula dari rencana Yayasan Badan Wakaf UII yang memandang pentingnya menata ulang kawasan boulevard UII. Khususnya jika disesuaikan dengan apa yang tergambar pada master plan kampus terpadu UII 2013-2023.

Advertisement

“Proses implementasi master plan dilakukan secara bertahap. Pembangunan redesign boulevard UII juga bersamaan dengan penambahan fasilitas
baru berupa book store yang berada di sekitar boulevard,” katanya, Rabu (9/7/2014).

Ia mengatakan beberapa tahapan penting dalam proses redesign boulevard di antaranya seperti melebarkan jembatan. Pada ujung boulevard yang
juga merupakan titik temu dengan Jalan Kaliurang, desain yang ada saat ini kurang memberikan kenyamanan akses.

Redesign boulevard yang diajukan menyerupai plasa dengan tampilan karakter yang lebih kuat. Keberadaan pohon-pohon di sekitarnya akan
dipertahankan dan bahkan akan dilakukan penanaman pohon baru,” katanya.

Advertisement

Menurut dia, filosofi yang diambil berawal dari pemahaman bahwa boulevard adalah pintu akses yang menghubungkan suatu tempat ke tempat yang lain. Jadi, boulevard tidak hanya sekadar jalan tetapi juga berfungsi sebagai public space yang dapat dipakai untuk kegiatan jalan-jalan. Artinya boulevard nanti akan seperti gapura besar yang mencerminkan karakter dari UII.

“Dalam rencana awal bentuk gapura akan seperti bulan sabit menggantung namun karena tidak memungkinkan sehingga dalam pelaksanaannya
terdapat desain-desain yang berubah,” katanya.

Menurut dia, desain tersebut juga menyelaraskan diri dengan arsitektur Masjid Ulil Albab yang saat ini sebagai simbol UII. Di depan masjid juga akan dibuat area public space yang lebih nyaman.

Advertisement

“Desain yang ada diharapkan sesuai dengan tema ‘master plan’ UII yakni alam yang kaya warna,” kata Wakil Rektor I UII itu.

Koordinator Pelaksana Redesign Boulevard UII Tony Kunto Wibisono mengatakan pengerjaan proyek redesign itu diperkirakan akan membutuhkan waktu sekitar selama enam bulan dan akan dimulai Juli 2014.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif