Lifestyle
Rabu, 9 Juli 2014 - 23:48 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : 5 Manfaat Menakjubkan Buah Pepaya

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pepaya (Thinkstock)

Solopos.com, SOLO – Pepaya menjadi buah favorit banyak kalangan karena mudah dijumpai dengan harga yang relatif murah. Tak hanya itu, khasiat buah papaya pun tak lagi diragukan, memiliki tekstur yang lembut, pepaya dipercaya dapat melancarkan pencernaan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Dikutip Solopos.com di laman Whatthafact, Selasa (9/7/2014), berikut beberapa manfaat menakjubkan dari buah pepaya:

Advertisement

Kesehatan Kulit
Pepaya sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit untuk mengobati jerawat, infeksi, dan beberapa infeksi kulit lainnya. Pepaya segar dapat melarutkan sel kulit mati dan memberikan efek kulit bersih dan bercahaya.

Membantu Sistem Pencernaan
Pepaya mengandung enzim yang dapat memecah kandungan protein. Enzim ini akan lebih banyak ditemukan jika pepaya masih dalam keadaan mentah. Pepaya juga dapat digunakan untuk meredakan sakit perut, jadi jika perut Anda tengah bermasalah ada baiknya Anda mengonsumsi pepaya.

Menyembuhkan Luka
Enzim fibrin yang ada pada buah papaya dapat membantu mencegah pembekuan darah. Tak hanya luka bagian luar, pepaya juga dapat menyembukan luka dalam yang diderita manusia.

Advertisement

Mencegah Kangker
Pepaya sangat baik untuk mengobati kanker karena mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Kandungan tersebut meliputi beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan cryptoxanthin sangat penting untuk menyembuhkan penyakit kangker. Seperti yang kita ketahui bahwa buah yang mengandung karoten dapat berfungsi untuk melindungi dari penyakit paru-paru dan kanker rongga mulut.

Menjaga Kesehatan Jantung
Kalium yang ada pada pepaya segar dapat membantu regulasi cairan sel tubuh. Kalium juga dapat mengontrol aliran darah dan mempertahankan tekanan darah dengan tepat. Hal ini tentu akan  mengatur efek sodium yang berdampak buruk bagi tubuh serta melindungi Anda dari penyakit jantung. Inilah sebabnya mengapa pepaya merupakan buah yang sangat dianjurkan bagi pasien penyakit jantung.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif