Jogja
Selasa, 8 Juli 2014 - 02:34 WIB

LEBARAN 2014 : Ini Persiapan PMI Sleman untuk Tugas Lebaran

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kegiatan relawan PMI. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, SLEMAN- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menjelang Lebaran tahun ini memprioritaskan untuk membantu dan berpartisipasi dalam kegiatan pengamanan arus mudik dan balik.

“Prioritas kegiatan menjelang Lebaran ini diantaranya persiapan untuk membantu pengamanan arus mudik hingga arus balik nanti,” kata Ketua PMI Kabupaten Sleman Sunartono, baru-baru ini.

Advertisement

Menurut dia, partisipasi dalam pengamanan arus mudik dan arus balik tersebut dititikberatkan pada pertolongan pertama pada kecelakaan (PPPK).

“PMI fokus pada PPPK, seperti mengamankan korban dan mencegah terjadinya akibat yang lebih parah dari kecelakaan, dan membantu evakuasi korban,” katanya.

Ia mengatakan, dalam kegiatan tersebut tugas PMI bukan sebagai tim medis, namun hanya memberikan pertolongan awal jika terjadi kecelakaan, khususnya kecelakaan lalu lintas.

Advertisement

“Jadi kami hanya memberikan pertolongan pertama dan mengantarkan ke rumah sakit terdekat untuk diberikan penanganan medis,” katanya.

Sunartono mengatakan, untuk kegiatan pengamanan arus mudik dan arus balik ini, PMI akan mendirikan sejumlah pos komando (posko) di titik-titik rawan.

“Kami juga didukung empat unit mobil ambulans yang siap untuk dihubungi dan bergerak cepat menuju lokasi jika terjadi kecelakaan,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif