Jogja
Selasa, 8 Juli 2014 - 09:20 WIB

Hunian di Sekitar Pasar Seni Gabusan Marak

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi Pasar Seni gabusan (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon perlu dukungan Pemkab Bantul untuk merampungkan persoalan polemik permasalahan maraknya hunian warga di lahan kas desa pasar tradisional Gabusan. Baru satu penghuni yang legowo mengakui huniannya bukan hak milik namun sekadar hak guna.

Sekretaris Desa Timbulharjo Agus Hartono mengatakan, langkah persuasif pendeketakan pihak desa ke warga penghuni sampai saat ini terus diintensifkan. “Masih kami lakukan pendekatan-pendekatan pribadi agar memahani persoalan sebenarnya,” katanya kepada Harian Jogja, Senin (7/7/2014).

Advertisement

Proses pendekatan yang terus dilakukan belum membuat pihak Pemdes Timbulharjo memiliki target pasti kapan lahan hak guna tersebut akan kembali kepada desa.

Menurut dia, dari banyak penghuni pasar Gabusan yang mendirikan bangunan permanen baru satu yang menerima penjelasan desa asal usul lahan kas desa tersebut. “Lainnya masih perlu ada pendekatan khusus,” ujarnya.

Agus berharap upaya yang dilakukan desa ini juga membuat Pemkab Bantul bersikap. Pasalnya, peran Pemkab Bantul juga sangat menentukan terselesaikannya masalah warisan kades lama tersebut.

Advertisement

Diakui Agus, sampai saat ini sudah ada pertemuan desa dengan perwakilan warga yang menghuni bangunan permanen di lahan kas desa. Para penghuni ini mengaku hanya meneruskan pihak penghuni sebelumnya atas perjanjian dengan kades lama.

Pihak desa kesulitan mendapatkan bukti dokumen perjanjian desa dengan penghuni karena tidak adanya dokumen pelengkap.

Persoalan ini sudah disampaikan ke Pemkab Bantul melalui Bagian Pemerintas Desa Setda Bantul dan berharap bisa turut memberikan solusi dan langkah strategis. Terlebih, desa mengendus penghuni baru saat ini sebagian bukan merupakan warga asli Bantul melainkan pendatang.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif