Soloraya
Senin, 7 Juli 2014 - 22:50 WIB

PEMILIHAN DUTA WISATA : Putra Putri Solo 2014 Ditantang Blusukan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, SOLO--Gaung penyelenggaraan Pemilihan Putra Putri Solo (PPS) 2014 makin terasa sebulan jelang penutupan pendaftaran Senin (4/8/2014) mendatang. Ajang pemilihan duta wisata Kota Bengawan yang telah menelurkan ratusan Putra Solo dan Putri Solo tersebut kini mengusung tema Kemilau Cerdas Berbudaya.

Ketua Penyelenggara Pemilihan PPS 2014, Miftah Faridl Widhagdha, mengutarakan pemilihan tema tersebut selaras dengan keinginan Paguyuban PPS yang menghendaki PPS mendatang lebih berkarakter, cerdas, dan tetap menjunjung tinggi nilai budaya tanah kelahirannya.

Advertisement

“Kami ingin PPS 2014 bisa memunculkan kemilaunya sendiri. Bisa lebih percaya diri dan tampil lebih natural sebagai duta wisata. Kelebihan diri tersebut ditunjang dengan kecerdasan dan latar budaya yang kuat,” terang Miftah, saat berbincang dengan Espos, Senin (7/7/2014).

Putra Solo 2012 ini menjelaskan konsep pembekalan calon PPS 2014 mendatang bakal dibuat lebih komprehensif. Selain memberikan materi pengembangan diri, kemampuan berbahasa, dan pembekalan pariwisata, menurut Miftah, calon garda terdepan pariwisata Kota Solo tersebut juga diharapkan siap blusukan ke kampung dan pasar tradisional.

“Pembekalan kali ini prosesnya lebih panjang selama 17 hari. Materinya tidak hanya bahasa Inggris, pariwisata, dan pengetahuan seni budaya saja. Tapi juga ada kegiatan berbaur dengan warga masyarakat di kampung dan pasar. Kami berharap PPS 2014 bisa dekat ke masyarakat dan bisa menyelami sejarah dari kegiatan itu,” urainya.

Advertisement

Antusias

Disinggung mengenai minat muda-mudi Solo mendaftar dalam ajang pemilihan tahunan ini, Miftah mengungkapkan pendaftaran peserta yang dibuka sejak 14 April 2014 lalu mengalami lonjakan dibandingkan pemilihan tahun sebelumnya.

Data yang dilansir penyelenggara acara, calon finalis PPS 2014 yang mengunduh formulir secara online melalui putraputrisolo.com dan mendaftar secara manual di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo mencapai 108 peserta. Angka ini jauh melesat dibandingkan peserta tahun sebelumnya yang hanya mencapai 78 orang.

Advertisement

“Tahun ini antusiasme peserta lebih meningkat. Kebanyakan pendaftar didominasi mahasiswa karena penjaringan juga kami fokuskan ke sana. Kami telah menggelar promosi selama April-Mei 2014 di kampus-kampus,” jelasnya.

Setelah mengikuti proses pendaftaran, peserta mengikuti tes tertulis dan wawancara untuk menetapkan 30 semifinalis terbaik. Peserta yang lolos semifinalis selanjutnya mengikuti pembekalan materi yang telah dijadwalkan panitia. Sebanyak 20 finalis hasil seleksi babak semi final akan berlaga di Malam Penobatan Putra Putri Solo 2014 yang digelar di Pelataran Balai Kota Solo, Sabtu (30/8/2014) mendatang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif