Jogja
Senin, 7 Juli 2014 - 08:43 WIB

Pembangunan Dua Lapas Khusus Diajukan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tampak sejumlah pakaian milik warga binaan di Lapas Cebongan, Sleman dijemur di rerumputan karena tempat jemuran yang disediakan sudah penuh. Lapas ini mengalamai over kapasitas mencapai 90%. (Sunartono/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, SLEMAN-Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM DIY Agus Thoyib tengah mengajukan pembangunan dua Lembaga Pemasyarakatan (lapas), yakni lapas anak dan lapas wanita ke pemerintah pusat terkait. Langkah ini sebagai salahsatu upaya mengurai over kapasitas lapas. Selain itu untuk memenuhi kebutuhan anak dan wanita. Karena keduanya seharusnya sama-sama tidak relevan untuk dicampur dengan tahanan lain terutama pria dewasa. Tiga tinjauan yang ia pergunakan dalam pengajuan pentingnya kedua lapas itu. Yakni dari sisi warga binaan, sisi penempatan narapidana serta pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM).

“Sementara wanita masih dititipkan di Wirogunan, kami sudah merencanakan untuk lapas khusus wanita dan anak. Daerah sudah ada yang memiliki lapas tersebut, DIY juga perlu ada,” terangnya.

Advertisement

Pihaknya mengusulkan untuk lapas khusus wanita berlokasi di Pakem Sleman. Sedangkan lapas khusus anak bertempat di Wonosari yang direncanakan berada dalam satu komplek dengan Lapas Wonosari. Karena kebetulan di Lapas Wonosari masih ada bangunan khusus napi perempuan yang nanti juga akan dipindah di Lapas Wanita.

“Kami mengusulkan di dua lokasi itu. Tetapi keputusan ada di pusat, kalau misalnya ternyata di Wonosari dianggap dari sisi transportasi jauh, ya bisa ditinjau ulang,” urai dia.

Berdasarkan data sejumlah lapas di DIY, tahanan dan narapidana anak di DIY mencapai 27 anak. Tahanan dan narapidana wanita terdapat 93 orang. Mereka saat ini menempati Lapas Kelas IIA Wirogunan Kota Jogja. Beberapa lapas seperti Lapas Cebongan juga sudah over kapasitas. Hanya Lapas Narkotika IIA yang saat ini belum overload. Rencana, lapas tersebut akan ditambahi napi dari Jakarta.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif