Jogja
Senin, 7 Juli 2014 - 05:40 WIB

Over Kapasitas, Warga Binaan Terpaksa Jemur Pakaian di Rerumputan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tampak sejumlah pakaian milik warga binaan di Lapas Cebongan, Sleman dijemur di rerumputan karena tempat jemuran yang disediakan sudah penuh. Lapas ini mengalamai over kapasitas mencapai 90%. (Sunartono/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, SLEMAN – Hampir sebagian besar Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Indonesia over kapasitas tak terkecuali Lapas Cebongan Sleman. Bahkan lapas ini mencapai 90% over kapasitas. Warga binaan terpaksa harus menjemur pakaiannya secara berdesakan di rerumputan tanah.

Pantauan Harianjogja.com, saat awak media diperkenankan masuk di kawasan lapangan blok dalam sosialisasi Pilpres oleh KPUD Sleman, tampak puluhan jemuran pakaian milik warga binaan diletakkan di rerumputan tanah di depan blok Anggrek. Selain itu pakaian napi juga terlihat terjemur di sejumlah gerobak di sisi barat di depan blok Edelweis. Hal itu dikarenakan tempat jemuran yang disediakan pihak lapas sudah terisi penuh. Fakta ini adalah salahsatu dampak over kapasitas lapas.

Advertisement

Berdasarkan data yang dirilis Kemenkum HAM RI dalam workshop pelayanan kesehatan mental penghuni lapas di ruang G-100 Fakultas Psikologi UGM, 2013 silam, lapas di Indonesia memang over kapasitas. Data 2013, jumlah penghuni lapas di seluruh Indonesia terdiri 157.684 orang. Padahal kapasitas hunian sebenarnya hanya mampu menampung 104.864 orang. Dengan demikian ada sekitar 150,37% over kapasitas.

Kalapas Cebongan, Supriyanto menjelaskan di lapas yang ia pimpin mengalami over kapasitas mencapai 90%. Karena Lapas Cebongan dengan jumlah terdiri dari enam blok seharusnya hanya dapat menampung 163 orang warga binaan. Tetapi kenyataannya lapas ini harus menampung 300 lebih warga binaan.

“Memang lapas ini overload mencapai 90% karena jumlah idealnya hanya dihuni 163 warga binaan saja, seperti yang kami sampaikan tadi [dalam sosialisasi]ada sekitar 300 warga,” terang Supriyanto seusai sosialisasi bersama KPUD Sleman, pekan lalu.

Advertisement

Ia menambahkan saat ini Lapas Cebongan hanya dikhususkan untuk warga binaan pria. Karena untuk warga binaan wanita sudah dipindah sementara di Lapas Wirogunan, Kota Jogja.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif