Jogja
Kamis, 3 Juli 2014 - 21:20 WIB

LOWONGAN CPNS 2014 : Ini Kemungkinan Formasi CPNS Pemkab Kulonprogo

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI)

Harianjogja.com, KULONPROGO- Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sarji mengungkapkan selama empat tahun ke belakang, Kulonprogo tidak pernah mendapatkan jatah pembukaan formasi pegawai dari pusat.

Padahal hampir seluruh SKPD di lingkungan pemerintah kabupaten ini membutuhkan tambahan pegawai. Pasalnya, setidaknya setiap tahun sekitar 300 pegawai pensiun.

Advertisement

“Dulu kami mengajukan 400 formasi untuk pengadaan pegawai baru. Namun, realisasi tahun ini jatahnya hanya 30 formasi,” katanya, Rabu (2/7/2014).

Dengan jumlah yang terbatas ini kemungkinan pihaknya akan prioritaskan untuk pengadaan tenaga kesehatan atau medis dan layanan pendidikan, dalam hal ini guru kelas.

Tenaga medis yang akan diajukan nantinya akan dialokasikan untuk pengadaan pegawai di lingkungan kesehatan yang nantinya bakal ditempatkan di rumah sakit tipe D yang kini sedang dibangun di Sentolo.

Advertisement

Adapun untuk tenaga pengajar di lingkungan pendidikan, kebutuhan tenaga guru kelas sekolah dasar masih sangat banyak. Data BKD untuk kebutuhan guru kelas tingkat SD kurang lebih 1.700 guru dan baru tercapai 1.459 guru sehingga masih kurang sekitar 241 guru.

“Apalagi bulan lalu ada yang meninggal dunia,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kulonprogo Sumarsana.

Sumarsana menyayangkan terbatasnya kuota formasi CPNS di tahun ini. Padahal apabila seluruh kuota tersebut sebagian dialokasikan ke tenaga pendidikan, masih belum menutup kekurangan guru yang ada. Menurutnya, akibat kekurangan guru ini, layanan pendidikan masih kurang optimal.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif