Teknologi
Rabu, 2 Juli 2014 - 22:30 WIB

PENEMUAN BARU : Wah, Ternyata Kesaktian Palu Thor Pernah Ada di Dunia Nyata

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Palu dari bangsa Viking (dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Ini penemuan baru. Ingat kisah Thor? Thor menceritakan tokoh utama yang juga bernama Thor memiliki sebuah palu yang digunakan untuk berperang melawan kejahatan. Tahukah Anda bahwa kesaktian palu mirip milik Thor ternyata ada di kehidupan nyata?

Peneliti memperkirakan palu mirip Thor digunakan oleh bangsa Viking sejak abad ke-10. Selama bertahun-tahun peneliti meyakini bahwa palu yang digunakan telah digunakan Thor sebenarnya merupakan representasi senjata yang pernah digunakan sebuah bangsa di masa silam.

Advertisement

Dikutip Daily Mail, Selasa (1/7/2014), kecurigaan tersebut terbukti saat arkeolog menemukan sebuah palu yang diyakini berasal dari abad ke-10 di Kobelev, Denmark. Palu yang bertuliskan Hmar x yang berarti hammer atau palu tersebut merupakan sebuah jimat atau pelindung yang biasa digunakan bersama dengan simbol salib.

“Itu kekuatan pelindung jimat yang penting dan seringkali digunakan dengan salib secara bersama-sama. Itu memberikan perlindungan ganda,” kata salah satu peneliti, Peter Pentz, seorang arkeolog di National Museum of Denmark.

Palu berbahan perunggu, perak dan emas tersebut terukir beberapa tulisan yang membuat peneliti menyimpulkan bahwa bangsa Viking telah melek huruf. Memiliki ketinggian yang beragam antara 3 hingga 7 mm membuat pengrajin harus benar-benar teliti saat menulis di jimat ini.

Advertisement

 

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif