News
Selasa, 1 Juli 2014 - 18:00 WIB

PILPRES 2014 : Pendukung Jokowi-JK Bakar Tabloid Martabat

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tabloid Martabat (Mohammad Yamin/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, SAMARINDA — Para pendukung pasangan calon presiden nomor urut 2, Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) melakukan aksi menentang kampanye hitam terhadap pasangan itu di persimpangan Vorvoo Samarinda Ulu, Selasa (2/7/2014) siang.

Dalam aksi itu, massa yang berasal dari Partai Hanura, PDIP, LSM Aman, dan Barisan Relawan, membakar Tabloid Martabat yang berisi pemberitaan miring dan merugikan pasangan Jokowi-JK. Tabloid Martabat dengan cover Prabowo Subianto dan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dibakar di pinggir jalan oleh para pendukung Jokowi-JK.

Advertisement

Mereka menyayangkan penyebaran tabloid yang hanya berisi keburukan Jokowi tanpa ada mencantumkan alamat redaksi dan penanggung jawab yang jelas. Cara-cara kampanye seperti itu dinilai merusak demokrasi Indonesia.

Salah satu politisi PDIP Kaltim, Zuhdi Yahya, mengatakan dirinya bersama barisan relawan melakukan kampanye mengajak masyarakat untuk memilih Jokowi-JK pada Pilpres 9 Juli 2014 mendatang.

“Kami dari barisan relawan Jokowi berkampanye mengajak masyarakat memilih presiden yang tepat untuk Indonesia yang lebih baik lagi. Adapun selebaran Tabloid Martabat tanpa mencamtumkan nama redaksi tersebut akan diserahkan tim advokasi untuk dilaporkan ke Bawaslu Kaltim,” jelas Zuhdi Yahya.

Advertisement

Barisan Relawan Jokowi-JK mengimbau para pemilih agar menjauhi segala bentuk dan praktik politik uang serta transaksi politik jangka pendek yang menguntungkan kelompok dan partai koalisi tertentu. Masyarakat juga diharapkan tidak golput dan memilih pemimpin yang bersih, jujur, dan merakyat.

Sebelumnya, Tabloid Martabat yang tak mencamtumkan alamat kantor dan jajaran redaksi beredar di Samarinda dan Kutai Kartanegara selama tiga hari terakhir. Isi tabloid tersebut menyindir salah satu calon Presiden RI, Joko Widodo; dan Ketua Umum Partai PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Di sisi lain, isi pemberitaan tabloid ini menyanjung salah satu calon Presiden RI Prabowo Subianto dari berbagai tokoh dan kepala daerah di Kaltim. Dalam Tabloid Martabat, Awang Faroek Ishak, yang menjabat Gubernur Kaltim, mendukung pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa di Pilpres 2014.

Advertisement

Dalam tabloid tersebut, Awang menilai pasangan Prabowo-Hatta memiiliki kekuatan dan kesesuaian programnya untuk Kaltim.

Keterangan foto : Para pendukung Jokowi-JK berkampanye di persimpangan Vorvoo Samarinda Ulu, Selasa (1/7/2014). Dalam kampanye, mereka membakar tabloid Martabat berisi pemberitaan miring capres Jokowi yang beredar luas meski tak mencamtumkan nama redaksi dan penanggung jawab.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif