Jogja
Minggu, 29 Juni 2014 - 06:30 WIB

Liburan Sekolah dan Lebaran, Perajin Perak Kotagede Tingkatkan Produksi

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Perak Kotagede (JIBI/Harian Jogja/Antara )

Harianjogja.com, JOGJA- Para perajin kecil perak di sentra kerajinan perak Kotagede, Kota Jogja siap menghadapi masa libur sekolah dan Lebaran, dengan menyiapkan stok produk mereka.

“Para perajin kecil biasanya setiap memasuki awal Ramadhan sudah menyiapkan diri memproduksi kerajinan perak lebih banyak ketimbang hari biasa,” kata Ketua Asosiasi Perajin dan Pengusaha Kecil Mataram (Asperam) Yogyakarta Budi Sarwono, Jumat (27/6/2014).

Advertisement

Menurut dia, dengan meningkatkan produksi, maka saat libur sekolah maupun Lebaran, perajin sudah memiliki stok yang cukup, sehingga ketika para wisatawan mengunjungi sentra kerajinan perak tersebut, mereka memiliki pilihan beragam dari produk kerajinan yang ada.

“Diharapkan libur sekolah dan Lebaran tahun ini mereka memperoleh keuntungan banyak dari hasil penjualan produk kerajinan perak karena diharapkan jumlah kunjungan wisatawan mudik meningkat,” kata Budi Sarwono.

Ia mengatakan jika sebagian besar anggota asosiasinya adalah perajin kecil perak di Kotagede yang di antaranya memproduksi cincin, kalung gelang dan asesoris perhiasan.

Advertisement

“Kualitas dan desain produk para perajin kecil di Kotagede cukup memadai, sehingga tidak perlu diragukan lagi,” katanya.

Sementara itu, pengusaha kecil kerajinan perak Kotagede Indah mengatakan biasanya saat memasuki ramadhan dirinya sudah memproduksi lebih banyak untuk kepentingan stok saat libur lebaran tahun ini.

“Produk kerajinan perak Kotagede yang digemari wisatawan khususnya cincin, gelang dan asesoris,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif