Otomotif
Sabtu, 28 Juni 2014 - 04:00 WIB

Inilah Tips Merawat Mobil Usia di Atas 5 Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO–Perawatan mobil setelah berusia lima tahun merupakan sesuatu yang wajib diperhatikan oleh semua pemilik kendaraan. Hal ini dianggap penting karena banyak komponen dipastikan sudah harus diganti mengingat umur kinerjanya sudah melampaui batas.

Teknisi PT Toyota Astra Motor, Edi Apriyanto, sebagaimana dilansir bisnis.com, mengatakan untuk para pengguna mobil dengan transmisi manual, hal yang harus diperhatikan adalah memeriksa kopling, tali kipas, timing belt dan kaki mobil (shockbreaker).

Advertisement

Sementara itu, untuk pengguna mobil dengan transmisi matik, hal yang paling diutamakan adalah memperhatikan oli pada transmisinya. Perpindahan pada transmisi matik ini, kata dia, biasanya sudah tidak lembut lagi. Bahkan kopling otomatis pada kendaraan matik akan terasa sangat kasar.

Beberapa komponen mobil juga harus  rutin diperiksa, seperti ketebalan dan tekanan ban. Ini bertujuan  menghindari kecelakaan yang diakibatkan oleh kurangnya tekanan atau ban bocor di jalan raya. “Sebisa mungkin hindari menghantam lubang dalam kecepatan tinggi. Bila terlalu sering dipaksakan, umur suspensi dan ban akan cepat rusak,” kata Edy.

Knalpot sebagai salah satu komponen mobil juga harus dicek agar tidak menyumbat gas buangan mobil. Pemeriksaan rutin juga perlu dilakukan untuk power steering, rem anti beku, mesin cuci pelarut dan cairan transmisi.

Advertisement

Lampu mobil juga perlu diperhatikan demi kenyamanan dalam berkendara. Segera periksa dan ganti lampu mobil jika terjadi kerusakan. Bersihkan baterai dan kabel secara berkala untuk mewaspadai timbulnya korosi atau karat.

Pastikan pula bahwa sabuk mesin terikat dengan benar pada tempatnya. Rawat juga kopling dengan cara menggunakan selalu gigi satu untuk start awal mobil. Jika menggunakan gigi di atasnya, kopling akan dibebani secara berlebihan dan mempercepat keausan. Terakhir, netralkan tuas transmisi jika mobil bekas sedang berhenti di lampu lalu lintas.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif