Lifestyle
Jumat, 27 Juni 2014 - 12:23 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Makanan Ini Ternyata Baik untuk Jantung

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - (Thinkstock)

Solopos.com, SOLO – Penderita penyakit jantung terus meningkat tiap tahunnya. Hal itu seringkali dikaitkan dengan gaya hidup modern, kurangnya olahraga, serta stres yang tinggi. Asupan makanan dinilai memainkan peranan penting untuk mencegah penyakit berbahaya tersebut.

Berikut beberapa makanan super yang ternyata memiliki manfaat penting bagi kesehatan jantung Anda sebagaimana dikutip Solopos.com dari berbagai sumber, Kamis (26/6/2014):

Advertisement

Alpukat
Alpukat kaya akan lemak jenuh tunggal. Lemak tersebut dapat membantu tubuh menyerap beta-karoten dan likopen yang sangat penting untuk kesehatan jantung. Alpukat juga dapat membantu mengurangi kdar LDL dan meningkatkan kadar HDL kolesterol dalam tubuh.

Pisang
Kalium yang ada pada pisang dapat membantu menjaga fungsi jantung dan keseimbangan natrium serta air dalam tubuh. Kalium juga berguna untuk membantu ginjal mengekskresikan kelebihan natrium, sehingga berkontribusi untuk tekanan darah yang sehat.

Kacang-Kacangan
Menurut sebuah penelitian mengonsumsi kacang secara teratur memiliki risiko 22 persen lebih rendah terkena penyakit jantung. Kacang juga kaya akan serat larut yang dapat melarutkan kolesterol dan tekanan darah. Kacang dapat digunakan sebagai pengganti protein hewani yang biasanya kaya akan kandungan lemak jenuh.

Advertisement

Teh Hijau
Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa teh hijau merupakan minuman yang baik untuk kesehatan jantung. Para ilmuwan bahkan menemukan bagi mereka yang minum 12 ons atau lebih teh sehari akan mengurangi risiko serangan jantung dari pada mereka yang tidak minum teh hijau.

Cokelat Hitam
Cokelat Hitam dapat mengobati stress hingga 75%. Cokelat dapat merangsang otak dan juga menurunkan kolesterol jahat. Cokelat juga kaya akan kandungan sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang menurunkan risiko penyakit jantung. Zat tersebut dapat mencegah lemak menyumbat arteri Anda.

Tomat
Tomat sumber dari vitamin C, vitamin A, kalium, dan serat. Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi dari nutrisi dalam tomat dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif