News
Kamis, 26 Juni 2014 - 07:22 WIB

PPDB 2014 : Ups, Kuota SMP Gunungkidul Kalah Jumlah Dengan Lulusan SD

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Daya tampung sekolah menengah pertama (SMP) di Gunungkidul kalah jumlah dari lulusan sekolah dasar.

Kepala Bidang Pendidikan TK SD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul Sri Andari mengungkapkan tahun ini Gunungkidul meluluskan seluruh siswa SD.

Advertisement

“Pada tahun lalu kami juga bisa meluluskan 100 persen dengan jumlah peserta ujian 9.783. Tahun in ada 9.924 siswa yang lulus.,” ungkap dia, Rabu (25/6/2014).

Ditanya perihal kuota jenjang pendidikan yang lebih tinggi di Gunungkidul, Kepala Seksi Kurikulum SMP Disdikpora Sumarto mengakui jumlah kursi SMP di wilayah tersebut lebih sedikit dari jumlah lulusan SD tahun 2014. Adapun, kuota SMP di Gunungkidul hanya 9.914 kursi.

“Meski lebih sedikit, jumlah itu akan mampu menampung siswa dari SD yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang SMP di Gunungkidul,” ujar dia.

Advertisement

Sebab, kata dia, tidak semua lulusan SD melanjutkan sekolah di Gunungkidul. Ada yang bersekolah di luar Gunungkidul. Selain itu ada pula siswa dari luar wilayah yang bersekolah di Gunungkidul. Kendati demikian, ia meyakini jumlah kuota yang ada bisa menampung siswa yang akan bersekolah di SMP Gunungkidul.

Keterangan yang sama juga disampaikan Kepala Bidang Pendidikan SMP Disdikpora Kusmanto. Menurut dia 109 SMP di Gunungkidul dapat menampung seluruh lulusan dari SD MI kabupaten tersebut.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif