Jogja
Rabu, 25 Juni 2014 - 09:42 WIB

Ini Si Cantik Helena di Gunungkidul Yang Perlu Dilindungi

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Troides Helena (Linnaeus 1578) (IST/JIBI/dok)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Keberadaan sebuah individu bisa mempengaruhi individu lainnya. Bahkan kepunahan sebuah individu, bisa memicuk kepunahan sekunder individu lain. Seperti keberadaan si cantik Troides Helena (Linnaeus 1578) bagi lingkungannya.

Kawasan karst tersebar di seluruh dunia. Salah satunya pegunungan sewu yang juga membentang di Gunungkidu dan dilindungi. Sebab, kawasan karst merupakan habitat berbagai tumbuhan dan hewan yang terancam kelestariannya, mengandung mineral-mineral langka atau formasi yang unik. Kawasan karst juga merupakan jendela untuk memahami sistem hidrologi setempat. Keunikan karst Gunungkidul juga menjadi berkembangnya Kupu-kupu Raja Troides Helena. Hewan dengan sayap yang memadukan warna hitam dan kuning ini bersembunyi di wilayah Gunungkidul.

Advertisement

Tim Leader Penelitian Status Konservasi Kupu-Kupu Raja Troides Helena di Karst Gunungsewu, Gunungkidul dari Yayasan Kanopi Indonesia Agus Wijayanto yang merupakan team leader. mengungkapkan kupu-kupu ini merupakan satwa dilindungi oleh Peraturan Pemerintah Nomor 7/1999 yang tercantum dalam Appendix II CITES, status IUCN Red List Data Deficient (pada 2008).

“Ketika lingkungan berubah, dikhawatirkan beberapa jenis flora dan fauna tidak dapat beradaptasi menyebabkan beberapa spesies punah, termasuk kupu-kupu ini dan tanaman inangnya, Aristolochia sp [sirih hutan],” ungkap dia usai seminar di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Gunungkidul, Wonosari, Selasa (24/6/2014).

Gunungkidul dipilih sebagai daerah penelitian lantaran memiliki keunikan yakni persebaran Troides Helena yang merata. Daerah lain seperti Kulonprogo, Troides Helena hanya bisa ditemukan di Kiskendo, Menoreh sedangkan di Merapi hanya bisa ditemukan di Turgo dan Plawangan. Dari 12 kecamatan yang digunakan sebagai tempat penelitian, kupu-kupu yang hanya memakan sirih hutan ini ditemukan di tujuh tempat. Penelitian dilakukan pada April-Juni 2014.

Advertisement

Tim peneliti menemukan 25 ekor Troides Helena di Nglanggeran, Patuk dan masing-masing satu ekor di Alas Tepus; BUnder, Playen; Sundel; Girisubo; Petoyan, Panggang; Sawahan,Ponjong dan Kemadang, Tanjungsari. Di Nglanggeran tim menemukan 22 Arsitolochia sp atau sirih hutan sedangkan di enam kecamatan lainnya belum ditemukan.

Peneliti lain yang menjadi pembicara Arif Nurmawan  menekankan keberadaan kupu-kupu sangat penting. Kupu-kupu merupakan hewan pollinator atau hewan yang membantu penyerbukan.

Troides Helena juga berguna sebagai indikator lingkungan. Ketika kupu-kupu ini punah bisa dikatakan lingkungan tempat tinggalnya sudah rusak karena sudah tidak ada ketersediaan pangan dan terjadi kerusakaan hutan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif