Jogja
Rabu, 25 Juni 2014 - 14:23 WIB

BENTROK KAMPANYE PILRES : Berikut Lokasi Bentrok Simpatisan Capres di DIY

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Google/ ditya.web.id)

Harianjogja.com, JOGJA-Dalam kejadian bentrokan di sejumlah wilayah di DIY berakibat sejumlah warga terluka, serta rusaknya sejumlah rumah dan kendaraan.

Belum diketahui secara pasti penyebab bentrokan tersebut. Namun, dua kubu memang menggelar kampanye di dua tempat yang berbeda dalam waktu yang hampir sama. Kubu calon presiden nomor satu Prabowo Subianto menggelar kampanye di Pandowoharjo, Bantul dengan menghadirkan artis Rhoma Irama. Adapun kubu calon presiden nomor urut satu Joko Widodo menggelar kirab budaya di sepanjang Malioboro hingga Alun-alun Utara. Berikut lokasi bentrok yang ada di DIY

Advertisement

Ngabean, Jogja
Bentrokan di Simpang Empat Ngabean, Jogja terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Dua kelompok yang menggunakan atribut partai dan
terlibat saling lempar batu. Polisi langsung menetralisasi warga dari lokasi kejadian. Arus kendaraan menuju Ngabean pun ditutup
total beberapa saat.

Sudagaran, Tegalrejo
Satu jam setelah bentrok di Ngaben, Jogja bentrokan juga terjadi di wilayah Tegalrejo, Jogja. Sekelompok orang terlibat keributan di permukiman warga di Sudagaran, Kelurahan Tegalrejo, Jogja atau di Jalan Cokroaminoto. Dalam keributan tersebut satu unit mobil dan satu sepeda motor dirusak.

Rejowinangun, Kotagede, Jogja
Kisruh juga terjadi di daerah Rejowinangun, Kotagede yang mengakibatkan sejumlah kendaraan rusak. Ada beberapa warga yang  terluka akibat insiden tersebut.

Advertisement

Kuweni, Bantul
Bentrokan juga pecah di Kuweni, Desa Panggungharjo Sewon, Bantul. Akibat kejadian tiga buah mobil, dua buah sepeda motor rusak. Selain itu sebuah toko, gudang dan dua rumah juga tak luput dari lemparan batu.Berdasarkan informasi yang dihimpun di lokasi kejadian menyebutkan kericuhan dipicu adanya provokasi dari sejumlah orang terhadap rombongan yang lewat seusai kampanye. Akibatnya terjadi keribuan yang berujung perusakan.

Gamping, Sleman
Bentrok antar pendukung Capres juga terjadi di Sleman. Seorang pendukung terluka akibat senjata tajam. Korban Winarto Subur, 31, warga Ngaran, Balecatur, Gamping, Sleman mengalami luka pada kepala bagian belakang, lengan kanan, pelipis kanan, jari manis, jari kelingking dan bagian muka akibat sabetan senjata tajam.

Peristiwa yang menimpa korban berawal saat berboncengan dengan Andri Septiyanto, 30, usai menghadiri kampanye Pilpres di Kota Jogja sekitar 16.00 WIB. Karena di kawasan Ngabean, Kota Jogja sedang terjadi keributan di jalanan, maka mereka memilih mengambil jalan melingkar melalui Jalan Godean Kilometer 4,5 Banyuraden, Gamping. Saat bersama korban berpapasan dengan massa pendukung capres dari kubu lain dengan jumlah lebih banyak. Tidak diketahui secara pasti penyebab bentrok, korban dikejar massa dan terjadi penganiayaan.

Advertisement

Sleman
Bentrok massa pendukung juga terjadi di hampir bersamaan di kawasan Selokan Mataram, Kutu Asem, Sinduadi, Mlati, Sleman. Tidak ada korban dalam peristiwa itu lantaran berhasil diredam aparat kepolisian.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif