Jogja
Rabu, 25 Juni 2014 - 21:40 WIB

Bayi yang Dibuang di Pos Ronda Lahir di Tempat Layanan Kesehatan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bayi (Dok/JIBI)

Harianjogja.com, KULONPROGO- Bayi yang ditemukan warga di pos ronda di Pedukuhan Tonogoro, Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang Kulonprogo, Selasa (24/6/2014) pagi diduga kuat dilahirkan di tempat layanan kesehatan.

Hal ini diketahui saat diserahkan ke RSUD Wates, terdapat tanda tinta di telapak kaki bayi yang menandakan bayi tersebut dilahirkan di tempat layanan kesehatan. “Tanda tersebut digunakan sebagai identitas untuk mengurus surat lahir,” kata Dokter Spesialis Anak RSUD Wates, Asri Yuni Astuti, Rabu (25/6/2014).

Advertisement

Kapolsek Kalibawang, Kompol Susilo, membenarkan adanya penemuan bayi di Banjaroya. Saat ini, kepolisian sedang menyelidiki siapa pelaku pembuangan bayi.

“Dari informasi yang kami himpun sampai sejauh ini belum ada indikasi pelaku adalah warga sekitar,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinsosnakertrans Kulonprogo, Eka Haryanta, menambahkan, jika kondisi bayi membaik dan sudah dapat keluar dari rumah sakit, maka akan diserahkan ke Yayasan Sayap Ibu yang berada di Sleman.

Advertisement

“Kami akan menyerahkan ke Yayasan Sayap Ibu mengingat anak tersebut berstatus anak negara,” katanya.

Akan tetapi, apabila hasil penyelidikan kepolisian dapat menemukan orangtua bayi, maka bayi tersebut akan dikembalikan ke orangtuanya.

Terkait adopsi, imbuhnya, dapat dilakukan setelah bayi berada di Yayasan Sayap Ibu dan melalui mekanisme yang ditentukan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif