Jogja
Selasa, 24 Juni 2014 - 08:30 WIB

Ups .. Baru 53,47% Sumber Air Bersih Sleman yang Bebas Bakteri

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Harianjogja.com, SLEMAN-Masih banyak sumber air di Sleman yang kualitas air bersihnya tidak lolos pemeriksaan bakteriologi. Hingga Mei 2014, dari 619 sumber air bersih yang diteliti Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman, baru 331 titik atau 53,47% yang dinyatakan memenuhi syarat.

“Ada banyak faktor yang membuat sumber air tercemar bakteri. Tergantung sumber daya manusianya. Misal dia belum paham tentang sanitasi lalu buang air sembarangan,” ungkap Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Sleman, Novita Krisna M., ditemui di kantornya, Senin (23/6/2014).

Advertisement

Lebih lanjut Novita menambahkan faktor alam dan kondisi tanah juga mempengaruhi kualitas air. Ada faktor geografis yang memang memudahkan bakteri masuk ke sumber air. Selain itu, cara pembuatan sarana mandi, cuci, dan kakus (MCK) yang tidak memenuhi syarat juga dapat menjadi penyebab.

Terkait tata cara pembuatan MCK, diungkapkan Novita, warga bisa mengonsultasikannya ke puskesmas terdekat. Di lokasi tersebut ada petugas sanitasi yang dapat memberikan informasi secara detil.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif