Jogja
Selasa, 24 Juni 2014 - 11:45 WIB

PILRES 2014 : Wah Jelang Pilres, 13.000 Data DPT Gunungkidul Rusak

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi DPT (JIBIHarian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Gunungkidul melayangkan rekomendasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul terkait perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT), Senin (23/6/2014).

Anggota Panwaslu Gunungkidul Budi Haryanto mengatakan pihaknya telah melakukan pengamatan terhadap DPT Pemilu Presiden. Menurut dia ada sekitar 13.000 DPT bermasalah. Data yang bermasalah misalnya pemilih ganda, Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang kosong dan Nomor Kartu Keluarga (NKK) yang kosong. Panwaslu pun melayangkan surat rekomendasi kepada KPU Gunungkidul untuk melakukan perbaikan DPT.

Advertisement

“Kesalahan semacam ini wajar. Namanya juga manusia. Data ini masih bisa diperbiaki. Yang kosong bisa diisi dengan ditulis tangan,” ungkap dia di Sekretariat KPU Gunungkidul, Senin (23/6).

Ketua KPU Gunungkidul Zaenuri Ikhsan mengaku telah menerima rekomendasi dari Panwaslu terkait kesalahan DPT. Sesuai dengan petunjuk KPU RI, sudah tidak ada perbaikan lagi. Namun pencermatan bisa dilakukan kembali. Dia menambahkan jika terdapat data yang ganda maka akan dicoret salah satu.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif