News
Selasa, 24 Juni 2014 - 10:19 WIB

PILPRES 2014 : Satu Lukisan Wajah Jokowi Terjual Rp40 Juta

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jokowi (JIBI/Bisnis/dok)

Solopos.com, JAKARTA — Berbagai cara dilakukan oleh pendukung capres dan cawapres Joko Widodo – Jusuf Kalla agar bisa memenangkan pemilu presiden 9 Juli nanti. Para seniman, musisi dan artis melakukannya dengan karya seni sebagai aksi penggalangan dana.

Aliansi Masyarakat Sipil Untuk Indonesia Hebat (Almisbat) menggelar Konser Kebangsaan Langkah Sang Pemimpin di Graha Bakti Budaya Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta pada Senin (23/6/2014) malam.

Advertisement

Musisi papan atas ikut hadir  di antaranya Ian Antono, Achmad Albar, Donny Fattah, Roxx, Oppie Andaresta, Edo Kondolongit, Iwa K, Bjah dan sejumlah seniman serta penampil lainnya berhasil memukau penonton.

Adapun seniman perupa yang hadir membawa karya masing-masing untuk dilelang kepada siapa saja yang berminat. Tidak ketinggalan musisi Ian Antono dan Oppie Andaresta melelang gitar akustiknya untuk penggalangan dana tersebut.

Hasil lelang lukisan dan gitar malam itu Rp126,6 juta yang akan disumbangkan ke dalam rekening gotong royong Jokowi-JK di Bank BCA cabang Ambasador.

Advertisement

Hasil lelang paling tinggi adalah lukisan wajah Jokowi berjudul Menjadi Emas karya perupa dari Bandung Deni Nugraha terjual Rp40 juta. Sukarelawan Jokowi-JK dari Banten Amin P Napitupulu berhasil membawa pulang lukisan kombinasi emas, putih dan sedikit merah tersebut.

Kedua lukisan Ridwan Manantik dengan judul Pluralism dibeli oleh Ranu. Ketiga lukisan karya Untung MS dengan judul Pemimpin Revolusi Mental dengan gaya pop art.

Sedangkan lukisan terakhir yang di lelang malam itu adalah karya Apriyani dengan judul Ini Dia Orangnya dengan latar belakang Soekarno-Hatta. Dwi proklamator menunjuk Jokowi yang artinya pemimpin masa depan. Lukisan itu terjual Rp26 juta.

Advertisement

Dewan Nasional Almisbat Indra Simatupang mengatakan sekitar 30 lukisan terkumpul dari para seniman untuk dilelang. “Kita punya sekitar 30 lukisan,” katanya di TIM Jakarta.

Adapun gitar Yamaha F350 milik Ian Antono dilelang dengan harga Rp12,6 juta dan gitar akustik milik Oppie Andaresta Rp11 juta. Simpatisan Jokowi-JK Zikra Arafah berhasil memboyong gitar milik Ian Antono lengkap dengan tanda tangannya. “Saya tidak bisa main musik, nanti saya bingkai saja,” ujarnya.

Lelang untuk gitar menggunakan sistem lelang gotong royong sehingga penawar pertama berhak membawa gitar tersebut. Kebetulan waktu itu gitar Ian dibuka dengan harga Rp2 juta dan langsung disambar oleh Zikra. Sedangkan simpatisan lainnya menambah sumbangan hingga terkumpul Rp12,6 juta.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif