Pialadunia
Selasa, 24 Juni 2014 - 01:00 WIB

GRUP D PIALA DUNIA 2014 : Prediksi Italia Vs Uruguay, Analisis dan Line Up

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Uruguay merayakan tiket ke putaran final Piala Dunia 2014 setelah mengalahkan Yordania dengan agregat 5-0. JIBI/REUTERS/Andres Stapff

Solopos.com, NATAL–Prediksi Italia Vs Uruguay sama kuat. Laga Grup D Piala Dunia 2014 ini merupakan duel hidup-mati. Laga ini bakal tersaji di Arena Das Dunas, Selasa (24/6/2014) pukul 23.00 WIB, ketika Italia dan Uruguay saling jegal memperebutkan satu tiket tersisa dari Grup D ke babak 16 besar Piala Dunia 2014.

Italia dan Uruguay berada dalam situasi rumit untuk terkualifikasi ke babak berikutnya karena alasan yang sama, dikalahkan tim kejutan Kosta Rika. Namun kedua tim bakal memasuki laga ini dengan kondisi mental dan fisik yang berbeda total dan hanya salah satu dari mereka yang bakal melangkah ke fase knockout.

Advertisement

Luis Suarez bersama timnya Uruguay merasa dalam kondisi kepercayaan diri tingi setelah menumbangkan Inggris, sedangkan Mario Balotelli bersama timnya Italia kepayahan memulihkan keterkejutan kalah dari Kosta Rika. Kendati begitu, pasukan Azzurri, julukan Italia, memegang kendali karena unggul dalam selisih gol atas Uruguay.

Jika skuat besutan Cesare Prandelli imbang atau memenangi laga ini, mereka akan lolos. Sedangkan Uruguay wajib menang jika ingin menginjakkan kaki ke babak 16 besar.

Advertisement

Jika skuat besutan Cesare Prandelli imbang atau memenangi laga ini, mereka akan lolos. Sedangkan Uruguay wajib menang jika ingin menginjakkan kaki ke babak 16 besar.

“Sekarang kami hanya memiliki satu kebutuhan. Kami harus mendapatkan kembali energi kami,” ujar Prandelli dilansir The Guardian, Senin (23/6/2014).

“Pertandingan ini menentukan Anda bertahan atau Anda keluar dan saya berharap melihat Italia dengan pendekatan yang berbeda,” imbuh Prandelli.

Advertisement

Itulah kenapa Prandelli menerapkan latihan yang lebih keras pada Minggu (22/6). Para pemain diinstruksikan tiba di area latihan secepat mungkin sebelum berlatih tendangan ke gawang.

Laga di Stadion Das Dunas di Natal akan dimulai pada pukul 13.00 waktu setempat, itu berarti cuaca panas akan kembali menjadi sebuah masalah bagi Italia seperti saat menghadapi Kosta Rika. Prandelli juga berpikir mengenai perubahan formasi dan lineup untuk menghadapi laga penentuan ini.

Dia kemungkinan besar akan memanggil Ciro Immobile untuk menjadi tandem Balotelli di lini serang. Musim lalu Immobile mengemas 22 gol dan tidak ada satu pun gol penalti untuk Torino sebelum direkrut Borussia Dortmund beberapa hari sebelum terbang ke Brasil.

Advertisement

Namun penampilannya sejauh ini di Brasil 2014 baru 17 menit saat Italia menang 2-1 atas Inggris pada laga pembuka grup. Sementara dengan kemungkinan absennya gelandang bertahan Daniele De Rossi karena cedera otot betis, Prandelli mungkin akan mengubah empat pemain belakang menjadi tiga pemain bertahan yang digalang Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, dan Andrea Barzagli.

Lawan Asing

Bagi Italia, Uruguay bukan lawan asing. Pasukan Azzurri mengalahkan tim asal Amerika Selatan itu dalam adu penalti untuk memperebutkan tempat ketiga di Piala Konfederasi tahun lalu.

Advertisement

Kiper Italia, Gianluigi Buffon, menyelamatkan tiga penalti menyusul hasil imbang 2-2 di babak reguler hingga tambahan waktu dimana dua gol Uruguay diborong Edinson Cavani.

Uruguay juga memiliki koneksi dengan Italia. Bek sayap Uruguay, Martin Caceres bermain untuk Juventus, gelandang Walter Gargano bermain untuk Parma dan bek kiri Alvaro Pereira merupakan pemain Inter Milan yang dipinjamkan ke Sao Paulo. Sedangkan Cavani menghabiskan tujuh musim merumput di Seri-A bersama Napoli sebelum tahun lalu pindah ke Paris Saint-Germain.

“Saya tidak mengharapkan Italia akan menempatkan 10 pemain untuk bertahan, itu bukan gaya mereka dan itu cocok untuk kami karena Suarez dan Cavani menjadi mematikan saat mendapatkan sedikit ruang. Kami akan melakukan serangan balik,” kata Caceres.

Line Up Italia Vs Uruguay
Live ANTV, Selasa (24/6) Pukul 23.00 WIB
Stadion : Arena das Dunas, Natal
Kapasitas : 38.958
Wasit : Marco Rodriquez (Meksiko)

Italia (3-5-2) Pelatih : Cesare Prandelli
Buffon
Bonucci, Barzagli, Chiellini
Candreva, Marchisio, Pirlo, Motta, Verrati
Balotelli, Immobile
Cadangan: Abate, De Rossi, Darmian, Cassano, Insigne, Cerci, De Sciglio, Sirigu, Perin, Aquilani, Parolo, Bonucci, Paletta

Uruguay (4-3-3) Pelatih : Oscar Tabarez
Musrela
Caceres, Gimenez, Godin, Pereira
Gonzalez, Arevalo, Rodriguez
Suarez, Lodeiro, Cavani
Cadangan: Stuani, Fucile, Coates, Lugano, Gargano, Hernandez, Forlan, Munoz, Perez, Ramirez, Silva

Tiga Pertemuan Terakhir
30/06/2013      Piala Konfederasi        Uruguay          2 – 2 (adu penalty 2-3)           Italia
16/11/2011       Persahabatan    Italia    0 – 1    Uruguay
18/04/2002      Italia    1 – 1    Uruguay

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif