News
Minggu, 22 Juni 2014 - 03:29 WIB

Siap-siap .. TPID DIY Akan Gelar Pasar Murah

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Antara Ilustrasi

Harianjogja.com, JOGJA-Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) III DIY, Arief Budi Santoso menegaskan inflasi pada Juli diprediksi lebih rendah dibanding dengan Juli 2013. Kendati demikian untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok, TPID DIY akan menyelenggarakan pasar murah.

Arief mengatakan Juli 2013, inflasi cukup tinggi karena dipengaruhi kenaikan bahan bakar minyak (BBM). Adapun, perkembangan inflasi pada Januari- Mei 2014 mencapai 1,39%, lebih rendah dari capaian nasional 1,56%. Menurut dia, situasi ini ikut disumbang oleh daya beli masyarakat di DIY cukup realistis. Ketika harga daging melambung, permintaan kemudian bergeser ke daging ayam. Dengan meningkatnya ekspor CPO (Crude Palm Oil) ke Amerikat menyusul dijalankannya program diesel di negeri Paman Sam itu, menurutnya, dapat berujung menguatnya kurs rupiah.

Advertisement

“Sehingga harga ayam potong pun bakal stabil, sebab harga pakan impor sangat dipengaruhi kurs valuta,” ungkapnya.

Kendati begitu untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok, pihaknya menyiapkan dana Rp60 juta untuk subsidi penyelenggaraan pasar murah. Komoditi yang dijual itu khusus pada harga barang yang memiliki kencenderungan naik, yakni beras premium, gula pasir, minyak goreng, telor ayam dan daging ayam.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindagkop DIY Eko Witoyo menguraikan, pasar murah disiapkan di enam kecamatan di wilayah Gunungkidul, Bantul, dan Jogja H-10 sebelum lebaran.

Advertisement

“Enam lokasi dipilih karena masih ada kepala keluarga yang miskin,” ujarnya.

Ia menjatah setiap kecamatan 200 KK miskin atau pra sejahtera. Dari harga total lima komoditas senilai Rp85.000 itu, subsidi yang diberikan Rp50.000, sehingga masyarakat tinggal membayar Rp35.000. Kendati begitu, pasar murah tersebut juga dibuka untuk masyarakat umum sesuai dengan ketersediaan barang.

Jadwal dan Lokasi Pasar Murah
23-24 Juni Halaman Kantor Kecamatan Semin, Gunungkidul
26-27 Juni Halaman Kantor Kecamatan Playen, Gunungkidul
7-8 Juli Halaman Kantor Kecamatan Banguntapan, Bantul.
10-11 Juli Halaman Kantor Sewon, Bantul.
14-15 Juli Halaman Kantor Kecamatan Umbulharjo, Jogja.
17-18 Juli Halaman Kantor Kelurahan Kricak, Tegalrejo, Jogja.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif