News
Minggu, 22 Juni 2014 - 22:10 WIB

DEBAT CAPRES 2014 : Tegas Ala Jokowi: Kalau Diduduki, Kita Buat Ramai!

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (timawa.net)

Solopos.com, JAKARTA — Calon Presiden nomor urut 2, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan mengambil langkah tegas apabila ada wilayah, yang jelas merupakan bagian dari negara Indonesia, diduduki oleh negara lain.

“Kita tegas kalau menyangkut masalah kedaulatan. Kalau perlu, kita buat ramai,” ucap Jokowi dalam debat antar capres, Minggu (22/6/2014).

Advertisement

Jokowi tidak ingin dianggap tidak bisa tegas oleh negara lain, karena dirinya menilai tegas tidak harus galak. Apapun juga akan dilakukan dan dipertaruhkan Jokowi sebagai pemimpin negara apabila menjadi presiden mendatang untuk menyelesaikan pendudukan wilayah Indonesia oleh negara lain.

“Tegas itu berani memutuskan dan mengambil risiko. Risiko itulah yang akan saya ambil, apapun akan saya pertaruhkan,” tegasnya.

Namun, apabila wilayah yang diperebutkan oleh negara tetangga masih belum jelas batas-batasnya, mantan Wali Kota Kota Solo itu akan mengedepankan diplomasi. “Kalau masih belum jelas, diplomasi antar pemerintah harus dikedepankan,” tandas Jokowi.

Advertisement

Sang moderator pun menimpali. “Kalau tegas juga boleh tersenyum ya,” ungkapnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif