News
Sabtu, 21 Juni 2014 - 02:15 WIB

UMY Lepas 1.223 Mahasiswa KKN Tematik

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, BANTUL-Sebanyak 1.223 mahasiswa dari berbagai jurusan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) resmi dilepas dan diterjunkan dalam kegiatan Kulih Kerja Nyata (KKN) Tematik periode 2014. Mahasiswa tersebut nantinya akan disebar di 43 lokasi, yang mencakup kawasan kabupaten Bantul, Gunung Kidul, Sleman, Kulonprogo, Purworejo, dan Magelang.

Wakil Rektor 1 UMY, Gunawan Budiyanto menyampaikan upacara pelepasan mahasiswa KKN tersebut baru terlaksana untuk kedua kalinya. Setelah selama 11 tahun sebelumnya, pelepasan KKN dilakukan secara terpisah-pisah sesuai dengan fakultas masing-masing. Ia berpesan pada mahasiswa yang akan menjalani tugasnya tersebut agar dapat menggali problem-problem sosial yang dihadapai oleh masyarakat.

Advertisement

“Program KKN kali ini adalah problematik. Saya tahu ada ketegasan lebih pada diri kalian, karena kalian adalah pemuda. Jadi kami harapkan kalian bisa menggali problem-problem sosial di masyarakat dan bisa merumuskan solusi yang tepat bagi mereka, karena kalian adalah modal utama yang sangat berguna bagi bangsa kita,” pesan Gunawan pada mahasiswanya.

Sutrisno, selaku penanggung jawab KKN Tematik ini mengatakan KKN yang dijalani oleh 1223 mahasiswa tersebut juga sudah ditentukan temanya, yakni KKN Pemberdayaan, serta KKN Potensi Alam dan Sosial untuk pengentasan kemiskinan. Akan tetapi, sebelum diterjunkan mahasiswa terlebih dahulu diminta untuk melakukan observasi terkait masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat setempat.

“Barulah kemudian mereka merancang program apa yang akan mereka terapkan untuk mengatasi masalah tersebut. Observasi masalahnya juga harus terkait dengan tema yang sudah ditentukan itu,” ujarnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kkn Kkn Tematik Kkn Umy Umy
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif