Jogja
Kamis, 19 Juni 2014 - 00:10 WIB

Nelayan Kulonprogo Diberi Sosialisasi Seputar Imigran Gelap

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kantor Imigrasi Jogja menggelar sosialisasi bagi para nelayan pesisir pantai Kulonprogo tentang kewaspadaan terhadap banyaknya imigran gelap yang memasuki wilayah perairan Indonesia secara ilegal.

Kasie Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Jogja Paulus Hananto mengatakan kejadian masuknya imigran ilegal ke Indonesia, terutama di perairan selatan DIY sudah sering terjadi. Banyak masyarakat yang belum tahu prosedur bagaimana menghadapi para imigran tersebut.

Advertisement

“Potensinya sangat besar sekali di wilayah Kulonprogo ini.  Tahun lalu sudah ditemukan imigran ilegal yang singgah di pesisir Gunungkidul. Tahun ini memang belum ada laporan, tapi langkah antisipasi tetap harus dilakukan,” imbuh Hananto di sela-sela acara sosialisasi di Hotel King, Selasa (17/6/2014) .

Implementasi dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kewaspadaan nelayan saat menghadapi situasi ini. Sosialisasi juga untuk pencegahan adanya partisipasi nelayan dalam membantu para imigran gelap ini seperti menjual kapalnya ke imigran atau membantu logistik dan lain sebagainya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif