Umum
Selasa, 17 Juni 2014 - 11:00 WIB

SBY Pakai Pesawat Sewaan ke Fiji, Mana Pesawat Kepresidenan?

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Alby Albahi)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pagi ini, Selasa (17/6/2014), lepas landas meninggalkan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, untuk melakukan perjalanan kenegaraan ke Republik Fiji di Pasifik Selatan.

Berbeda dengan beberapa perjalanan dinas sebelumnya, kali ini Presiden dan rombongan tidak menggunakan pesawat khusus kepresidenan berwarna biru yang belum lama dibeli. Presiden SBY dan rombongan menggunakan pesawat Airbus 330 yang disewa dari Garuda Indonesia.

Advertisement

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Airlines Tbk, Emirsyah Satar, enggan menjelaskan alasan rombongan Presiden menggunakan pesawat komersil alih-alih menggunakan pesawat khusus kepresidenan.

“Saya tidak tahu ya, saya tidak terlibat dengan BBJ Pesawat Kepresidenan. Kami diminta oleh Sekretariat Negara ya kami siapkan,” ujarnya usai melepas SBY di Bandara Halim Perdana Kusuma, Selasa (17/6/2014) pagi.

Emir mengakui hingga saat ini Garuda Indonesia belum memiliki rute penerbangan langsung ke Fiji. Untuk mencapai Fiji, penumpang harus melalui rute Sidney atau Melbourne  kemudian disambung menggunakan maskapai lainnya.

Advertisement

Namun demikian, karena Airbus 330 tersebut disewa langsung oleh Sekretariat Negara, maka pesawat rombongan Presiden itu akan langsung terbang ke Fiji. Menurut Emir, waktu tempuh yang akan dilalui pesawat rombongan Presiden untuk sampai ke Republik Fiji mencapai 10,5 jam.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif