News
Senin, 16 Juni 2014 - 00:45 WIB

PRABOWO VS JOKOWI : Ini Dugaan LSI Soal Menipisnya Selisih Angka Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Prabowo Subianto dan Joko Widodo saat Debat Capres (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menilai ada beberapa alasan yang membuat selisih elektabilitas antara pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla pada Pilpres 2014 nanti yang semakin hari semakin mengecil.

Berdasarkan hasil survei LSI sejak awal bulan Juni 2014 lalu, selisih kedua pasangan capres-cawapres tersebut hanya sebesar 6%. Pasangan Jokowi-JK mendapatkan angka 45%sedangkan Prabowo-Hatta hanya 38.7%.

Advertisement

Alasan yang pertama dari kubu Jokowi-JK adalah karena pengaruh negatif dan black campaign kepada pasangan capres-cawapres Jokowi-JK masih kerap terjadi selama masa kampanye terbuka. Hal tersebut dinilai semakin menghambat lajunya elektabilitas Jokowi-JK.

“Lalu dari kubu Jokowi-JK juga masih belum ada yang segar dan baru yang dapat dimobilisasi masif,” tutur peneliti LSI Adhie Alfaraby di Jakarta, Minggu (15/6/2014).

Sedangkan dari kubu pasangan capres-cawapres Prabowo-Hatta perlahan elektabilitasnya semakin meningkat dan mendekati elektabilitas pasangan Jokowi-JK. Pasalnya, menurut Adhie, pasangan Prabowo-Hatta diyakini telah berhasil mengisi kekosongan kekosongan harapan publik akan tampilnya strong leader.

Advertisement

“Selain itu, Prabowo-Hatta juga berhasil memanfaatkan pihak yang kecewa dengan kubu Jokowi-JK untuk berbalik membantu Prabowo-Hatta seperti Partai Golkar, Partai Demokrat, Hary Tanoesoedibjo, dan Rhoma Irama,” kata Adhie.

Alasan klain semakin menipisnya angka elektabilitas pasangan Prabowo-Hatta dengan Jokowi-JK adalah karena mesin politik dan strategi kampanye pasangan Prabowo-Hatta yang dinilai lebih strategis dan disukai masyarakat ketimbang lawan politinya.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif