Jogja
Senin, 16 Juni 2014 - 00:35 WIB

Nitikan Disiapkan Jadi Bank Sampah Sentral Kota Jogja

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sampah plastik.(JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA-Badan Lingkungan Hidup Kota Jogja menyiapkan tempat pembuangan sampah di Nitikan, Kecamatan Umbulharjo, menjadi Bank Sampah Sentral milik instansi pemerintah daerah itu.

“Saat ini tempat pembuangan sampah di Nitikan hanya difungsikan sebagai gudang. Ke depan, kami akan pindahkan bank sampah yang selama ini ada Kantor Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Jogja ke lokasi itu,” kata Kepala BLH Kota Jogja Irfan Susilo, baru-baru ini.

Advertisement

Menurut dia, bank sampah milik BLH Kota Jogja selama ini berfungsi layaknya tempat penyimpanan sampah anorganik dari bank sampah di wilayah yang tidak terambil oleh pengepul.

Irfan mengatakan, pengepul yang biasa mengambil berbagai jenis sampah bernilai ekonomis dari bank sampah di wilayah memiliki keterbatasan. “Tidak semua sampah yang terkumpul bisa diambil. Sampah yang tidak terambil ditarik ke Kantor BLH Kota Jogja,” katanya.

Jika bank sampah sentral di Nitikan tersebut sudah berfungsi, maka sampah yang tidak terambil di bank sampah wilayah akan dikirim ke Nitikan. “BLH akan berupaya meningkatkan kerja sama dengan perusahaan untuk membeli sampah-sampah itu,” katanya.

Advertisement

Ia berharap, bank sampah sentral di Nitikan sudah dapat dioperasikan tahun ini.

Di Kota Jogja terdapat sekitar 300 bank sampah yang tersebar merata di berbagai wilayah. Keberadaan bank sampah tersebut, lanjut Irfan, merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menekan volume sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan di Kabupaten Bantul.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif