Jogja
Senin, 16 Juni 2014 - 14:19 WIB

Lokasi Lahan "Desaku Menanti" Masih Rahasia

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengemis (Dok/JIBI)

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Sosial (Dinsos) DIY telah melakukan survei lokasi Desaku Menanti di Gunungkidul. Hanya, lokasi secara pasti desa tersebut ini masih dirahasiakan.

Kepala Dinsos DIY Untung Sukaryadi mengatakan meski lokasi masih rahasia, tetapi lahan itu dinilai layak lantaran tak jauh dari permukiman warga dan berada di daerah perlintasan jalan raya. Gepeng yang ditempatkan dapat hidup berdampingan dengan warga umum dan memiliki akses ekonomi yang relatif mudah.

Advertisement

Di tanah SG itu, setiap kepala keluarga (KK) Gepeng setidaknya bakal diberikan lahan 700 meter persegi. Sementara gambar bangunan rumah yang disiapkan hanya untuk tipe rumah 36 dengan jumlah dua kamar. Untuk membangunnya, Kementerian Sosial bakal memberikan bantuan bahan baku rumah maksimal 40 KK.

“Membangun kontruksinya nanti gotong royong, namun ada ahli bangunan dari kami,” ungkapnya.

Dengan sisa lahan yang luas, ujar Untung, memungkinkan mereka untuk membuka peternakan atau pertanian. Forum CSR itulah yang kemudian akan memasarkan produk usaha mereka. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan gepeng juga membuka usaha lain di luar perkampungan, seperti bengkel atau warung makan.

Advertisement

Selama belum berpenghasilan, Kementerian Sosial bakal memberikan bantuan jaminan hidup selama tiga bulan. Namun pendampingan usaha maksimal dilakukan sampai dua tahun sampai mereka mandiri. Untung mengatakan akan melibatkan lembaga- lembaga sosial non pemerintah dalam pendampingan tersebut.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif