News
Senin, 16 Juni 2014 - 04:41 WIB

LEBARAN 2014 : Telkomsel Tambah Kapasitas Jelang Idul Fitri

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi compact mobile base transceiver (Combat) Telkomsel (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SEMARANG — Telkomsel menambah kapasitas daya tampung pelanggan menjelang masa mudik Lebaran 2014. Lalu lintas (traffic) suara, short message service (SMS), dan data diperkirakan melonjak signifikan pada masa mudik Hari Idul Fitri itu.

Menurut Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief, layanan suara saat Lebaran mendatang diperkirakan bakal mengalami lonjakan 0%–5% dibandingkan hari biasa. “Sedang untuk layanan SMS pada Lebaran naik 10 persen-15 persen, dan layanan data melonjak 25 persen-35 persen dibandingkan hari biasa,” katanya dalam rilis yang diterima wartawan di Semarang, pekan lalu.

Advertisement

Demi mengantisipasi gangguan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan selama masa mudik Lebaran mendatang, lanjut dia, telah dilakukan Network Drive Test 2014. Uji coba jaringan dilakukan di sepanjang jalur kereta api (KA) pantai utara (pantura) Jawa, dari Jakarta-Semarang-Surabaya pada Senin-Selasa (9-10/6/2014).

Kegiatan ini untuk memastikan kesiapan jaringan Telkomsel untuk melayani lonjakan traffic komunikasi seluler selama Ramadan dan pada Lebaran 2014. “Momen Ramadan sampai Lebaran merupakan saat yang amat penting bagi para pelanggan sehingga kami harus memastikan kenyamanan dalam berkomunikasi,” bebernya.

Abdus Somad menambahkan untuk mengantisipasi meningkatkan lalu lintas suara, SMS, dan data dengan menambah ketersediaan visitor location register (VLR) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan. Di sepanjang jalur utama mudik Jawa-Bali dan beberapa lokasi tujuan mudik di luar Jawa, telah disediakan kelonggaran VLR.

Advertisement

Khusus untuk di Jawa Barat kelonggarannya VLR sebesar 20%- 40%, Jawa Tengah kelonggaran kapasitas sebesar 45%, dan di Jawa Timur sebesar 55%. “Kami juga akan memaksimalkan kapasitas dan juga menyiagakan tambahan compact mobile base station [Combat] sebanyak 41 unit untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data,” ungkapnya.

Selain menambah kapasitas jaringan, ujar dia, juga menambah pembangunan base transceiver station (BTS). ”Sampai akhir Mei 2014 telah dibangun sebanyak 8.500 BTS baru, sehingga BTS Telkomsel mencapai 77.800 BTS di mana 33.000 adalah node B [BTS 3G],” ujarnya.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif