News
Senin, 16 Juni 2014 - 01:26 WIB

DEBAT CAPRES 2014 : Ini Dia Orang-Orang di Balik Debat Prabowo dan Jokowi...

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Prabowo Subianto dan Joko Widodo saat Debat Capres (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Calon presiden Prabowo Subianto dan Joko Widodo tampil meyakinkan saat debat putaran kedua di Hotel Gren Melia, Jakarta, Minggu (15/6/2014) malam. Nyatanya, , kepiawaian mereka beradu pendapat sepertinya tak bisa dilepaskan dari peran “pembisik”. Siapakah mereka?

Saat jeda di antara enam sesi debat yang berlangsung selama 90 menit, baik Prabowo maupun Jokowi selalu memasuki ruangan di belakang tempat duduk penonton, tepatnya di sebelah kiri dan kanan panggung utama. Di tempat itulah tim pendukung kedua capres berada.

Advertisement

Kedua capres itu memang selalu didampingi oleh beberapa anggota tim pemenangan dalam ruangan tertutup itu. Jokowi didampingi Hendropriyono, Luhut Panjaitan, dan Maruarar Sirait. Tak ada Jusuf Kalla, calon wakil presiden yang berlatar belakang pengusaha itu, di antara mereka. Sedangkan, Prabowo selalu didampingi Akbar Tanjung, Hatta Rajasa, dan Amien Rais.

Karena bersifat steril, pembicaraan dalam kedua ruangan tersebut tak pernah terpantau juru warta ataupun kru stasiun televisi yang menyiarkan jalannya debat secara langsung. Namun besar kemungkinan pertemuan para tokoh dalam ruangan steril itu membahas tentang debat yang bertema Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial yang tengah dijalani para capres.

Sementara Prabowo Subianto maupun Joko Widodo sibuk menyusun strategi debat mereka bersama anggota tim pemenangan, para pengamat politik di layar televisi sibuk berhitung skor atas kedua calon presiden itu, sedangkan para simpatisan tetap saja bersemangat bertepuk tangan, menyanyikan yel-yel, dan meneriakkan dukungan.

Advertisement

Tak heran, suasana kedua ruang steril itu luput dari perhatian. Meski demikian Prabowo yang sempat mempertunjukkan keberadaan timnya saat ia memamerkan sikap kenegarawannya kala mendukung jawaban Jokowi terkait ekonomi kreatif. ia tegas menyatakan enggan menerima masukan terkait sikap yang harus selalu berbeda dengan lawan politiknya.

Seraya meminta maaf kepada timnya itu, Prabowo memilih mendukung jawaban Jokowi yang mendukung pengembangan ekonomi kreatif, bidang yang selama ini juga digeluti anaknya di luar negeri.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif