News
Minggu, 15 Juni 2014 - 17:46 WIB

PRABOWO VS JOKOWI : Prabowo-Hatta Versus Jokowi-JK Bertarung, Baladewa, Slankers, dan Fans Soneta Turut Serta?

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aksi para Slanker's Soloraya di THR Sriwedari, Juni 2013 lalu. (Mahardini Nur Afifah/JIBI/Solopos)

Slopos.com, JAKARTA — Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 sepertinya semakin meriah mengingat banyaknya dukungan yang diberikan para artis dan musisi kepada kedua pasangan capres dan cawapres. Dukungan itu tertuju baik kepada pasangan nomor 1 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa maupun nomor 2 Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Dukungan dari para artis yang sudah populer di mata masyarakat itu diharapkan dapat menjadi magnet suara bagi kedua pasangan tersebut. Dalam pemilu kali ini setidaknya tercatat ada tiga kekuatan basis massa dari para musisi yang transparan mendukung pasangan capres. Ketiganya adalah Baladewa, Slankers, dan fans Soneta.

Advertisement

Baladewa adalah fans grup musik Dewa 19 yang dimotori oleh musisi Ahmad Dhani yang mendukung pasangan Prabowo-Hatta. Begitu pun dengan fans Soneta yang merupakan grup kebanggaan Rhoma Irama, pendukung pasangan yang sama.

Sementara itu di kubu Jokowi-JK ada Slankers yang merupakan fans setia grup musik Slank yang secara terbuka mendukung pasangan capres dan cawapres tersebut. Sebenarnya ada satu lagi kekuatan besar massa yang datang dari musisi, yaitu OI yang merupakan fans setia musisi Iwan Fals. Nyatanya, hingga kini, Iwan tidak memberikan dukungannya secara terbuka terhadap salah satu pasangan peserta Pilpres 2014.

Walaupun begitu, para musisi dan grup musik tersebut kompak tidak memaksakan para pendukung mereka untuk memilih capres-cawapres yang mereka pilih. Mereka tetap membebaskan pilihan kepada masing-masing individu fans. “Tidak, kami membebaskan sepenuhnya pilihan mereka. Itu hak mereka untuk memilih, namun biasanya mereka ikut kita sih,” ujar Bimbim pentolan Slank beberapa waktu lalu.

Advertisement

Memang sangat menarik untuk dilihat pergerakan suara para fans setia grup-grup musik itu. Namun yang menjadi catatan apakah hal ini sangat efektif untuk mendulang suara yang signifikan?

Pengamat musik Bens Leo mengatakan dukungan musisi kepada pasangan capres adalah hal yang wajar, karena itu akan membantu untuk meraup suara. “Kalau dibilang efektif, kita lihat dari bagaimana pengaruh musisi tersebut ke para fans mereka. Bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pendulang suara secara signifikan,” ujar Bens di Jakarta, Minggu (15/6/2014).

Patut ditunggu bagaimana nantinya mereka menentukan arah kemenangan bagi para pasa pasangan capres-cawapres, bukan tidak mungkin mereka akan jadi faktor penentu kemenangan.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif