News
Sabtu, 14 Juni 2014 - 08:30 WIB

HASIL UN SMP : Tidak Ikut UAN 100%, 8 Siswa DIY Tidak Lulus

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Harianjogja.com, JOGJA – Sebanyak delapan siswa SMP sederajat di DIY dinyatakan tidak lulus Ujian Akhir Nasional (UAN) yang berlangsung awal Mei lalu. Pengumuman UAN SMP sederajat akan serentak dilakukan Sabtu (14/6/2014) pukul 10.00 WIB.

Siswa yang tidak lulus itu tiga dari Kulonprogo serta siswa dari Sleman dan Gunungkidul masing-masing menyumbang dua siswa tidak lulus. Dari Kota Jogja ada satu siswa yang dinyatakan tidak lulus.

Advertisement

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan ada dua penyebab yang menjadikan delapan siswa tersebut tidak lulus. Pertama, tujuh siswa tidak lulus karena tidak mengikuti 100% agenda pelaksanaan UAN. Jadi ada satu mata ujian yang mereka lewatkan sehingga nilainya nol. Dengan keadaan tersebut, Aji memaparkan otomatis siswa tidak lulus. Kedua, satu siswa yang positif dinyatakan tidak lulus karena faktor nilai di bawah lima. Siswa yang bersangkutan memperoleh nilai ujian bahasa Indonesia di bawah poin 5,00.

“Dari dua faktor itulah yang akhirnya mengakibatkan delapan siswa tidak lulus. Sebenarnya dinas juga sudah menyampaikan pemberitahuan agar siswa yang tidak lengkap mengikuti ujian itu segera melakukan ujian susulan. Tapi mereka tetap tidak berangkat,” katanya, Jumat (13/6/2014) siang.

Lebih lanjut Aji mengungkapkan, rilis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebenarnya ada 11 siswa DIY yang dinyatakan tidak lolos. Hanya saja, tiga siswa berpotensi besar bisa mendapatkan kelulusan. Nilai bahasa Indonesia ketiga siswa itu tidak keluar, padahal mereka mengikuti ujian.

Advertisement

Terkait hal itu, Aji menandaskan, instansinya akan kroscek ke pusat sehingga nasib ketiga siswa itu selanjutnya dapat lulus.

“Saya optimistis ketiganya nanti bisa lulus, karena memang nilanya sebenarnya bagus,” tandasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif