Jogja
Sabtu, 14 Juni 2014 - 18:13 WIB

Jaksa Eksekusi Mantan Kadispertahut Bantul

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Harianjogja.com, JOGJA-Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY, Jumat (13/6/2014) mengeksekusi terpidana kasus korupsi tembakau Virginia, Edy Suharyanta, masuk Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wirogunan, Jogja.

Terdakwa mantan Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Dispertahut) Kabupaten Bantul tersebut dimasukkan penjara oleh tiga petugas dari Kejati dan diantar oleh pengacara beserta istri Edy Suharyanta, sekitar pukul 10.30 WIB. Dia  menempati ruang isolasi karena kondisinya tengah sakit parah. Bahkan pengantar harus mengunakan masker.

Advertisement

“Tadi [13/6/2014] sudah dibawa ke Wirogunan,” kata Subarda Ariyoni, salah satu petugas Kejati yang mengeksekusi Edy Suharyanta.

Edy Suharyanta sebelumnya divonis 16 bulan penjara oleh Majlis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jogja, Selasa (13/5) Edy dinyatakan bersalah telah menyalahgunakan jabatan dan wewenangnya melakukan korupsi dana hibah tembakau Virginia. Edy melanggar Pasal 3 Undang-undang pemberantasan tindak pidana korupsi nomor 31/1999  junto  Undang-undang nomor 20/2001.

Setelah putusan Majlis Hakim, pihak Edy Suharyanta tidak mengajukan banding. Sebelum eksekusi saat itu pihak Edy mengajukan penangguhan penahanan pada Selasa (20/5/2014) karena Edy akan menjalani pengobatan di luar kota. Sejak  saat itu dia menjadi tahanan kota. Edy menderita penyakit tuberkulosis (TBC) akut.

Advertisement

Kepala Lapas Wirogunan Zaenal Arifin saat dihubungi mengatakan, Edy Suharyanto ditempatkan di ruang khusus yang  terpisah dengan narapidana lainnya untuk mengantisipasi menularnya penyakit. Zaenal menjamin keamanan ruang isolasi  bagi Edy maupun penghuni sel lainnya.

“Nanti ada dokter juga yang sewaktu-waktu dibutuhkan,” kata Zaenal. Jika kondisi Edy sudah membaik maka pihak Lapas Wirogunan akan memindahkan Edy ke biasa.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif