Pialadunia
Rabu, 11 Juni 2014 - 09:02 WIB

JELANG BRASIL VS KROASIA : Brasil Bangun Tembok Pertahanan

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Timnas Brasil sedang dilatih Scolari (bertopi) saat sesi pemansan di Teresopolis. JIBI/Rtr/Marcelo R

Solopos.com, SAO PAOLO— Timnas Brasil memasuki detik-detik terakhir persiapan menuju Piala Dunia 2014 dengan memoles pertahanan mereka sebagai menu latihan tim.

Pelatih Timnas Brasil, Luiz Felipe Scolari, membagi timnya menjadi beberapa bagian dalam sesi latihan, Senin (9/6/2014) waktu setempat. Materi yang disajikan pada latihan tersebut yakni bagaimana cara Thiago Silva dkk. membangun tembok pertahanan. Cara itu dipraktikkan secara berulang-ulang hingga Scolari benar-benar puas.

Advertisement

Selecao, julukan Brasil, sebenarnya merupakan salah satu tim dengan pertahanan terbaik di dunia. Bukan hanya piawai dalam bermain menyerang, tim juara dunia lima kali ini beberapa kali mampu membuktikan tembok pertahanannya sulit dijebol lawan.  Bukti terbaru, David Luiz dkk. mencetak clean sheet dalam dua laga pemanasan sebelum Piala Dunia 2014, masing-masing menang 4-0 atas Panama dan menaklukkan Serbia 1-0.  Kali terakhir gawang Selecao kebobolan yakni ketika mereka mengalahkan Chile dengan skor 2-1 di laga persahabatan, November lalu.

Meski demikian, Scolari mengaku belum puas dengan cara timnya bertahan. Pelatih yang membawa Brasil mencaplok penta campeao (gelar kelima Piala Dunia) pada 2002 tersebut juga tidak puas dengan latihan bertahan timnya saat ini. Pria yang juga dijuluki The Big Phil tersebut pun meminta agar para pemainnya lebih membuka ruang untuk bisa melakukan counter-attack.

Scolari sepertinya tidak akan memberi celah bagi lawannya untuk mengacak-acak gawang Selecao. Alhasil, Big Phil harus bisa memastikan pertahanan timnya benar-benar dalam kondisi solid sebelum turun di laga pembuka melawan Kroasia di Arena Corinthians, Sao Paolo, Jumat (13/6/2014) dini hari WIB.

Advertisement

“Kami tahu jika kami tidak kebobolan, maka peluang kami untuk memenangi laga itu [lawan Kroasia] akan meningkat, karena kami sudah memahami talenta yang kami miliki di barisan serang. Yang terpenting saat ini kami mempersiapkan pertahanan, jadi kami tidak bisa dikejutkan,” terang Scolari, dilansir Yahoosports, Selasa (10/6).

Bek kanan Brasil, Daniel Alves, menyadari pertahanan timnya belum sempurna. Namun tim ini akan berusaha menambal kekurang di barisan terakhir itu sebelum melawan Kroasia. “Tentu, jika kami tidak membuat kesalahan, kami akan menjadi sebuah tim sempurna, dan itu tidak mungkin,” jelas defender Barcelona itu.

Kekhawatiran Brasil pada tembok pertahanan timnya sangat beralasan. Sebab Kroasia dipenuhi striker yang haus gol, sebut saja Ivica Olic. Bomber Wolfsburg tersebut mampu menggelontorkan 15 gol dalam 36 laga di berbagai kompetisi bersama klubnya musim lalu.

Advertisement

“Jika Olic melihat ada ruang, kami harus benar-benar bisa memastikan menambal ruang itu, jadi dia tidak bisa menemukan ruang itu lagi,” beber Alves.

Olic sendiri memuji dua palang pintu Brasil, Silva dan Luiz, sebagai defender terbaik di dunia. Meski demikian, ia mengaku timnya tidak akan menyerah untuk menjinakkan tuan rumah Piala Dunia 2014 tersebut pada laga pembuka nanti. “Hanya laga lawan Brasil yang ada dalam kepala kami, kami akan memulai persiapan taktik dan semoga kami bisa siap 100 persen,” beber Olic, dilansir fourfourtwo.com. (Hanifah Kusumastuti/JIBI)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif