News
Selasa, 10 Juni 2014 - 15:57 WIB

SBMPTN 2014 : Peserta Lolos SNMPTN Tak Bisa Ikuti SBMPTN

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA-Jadwal peserta yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sengaja dibarengkan dengan pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014. Pemilihan waktu yang bersamaan ini untuk mencegah peserta mengikuti agenda ganda.

Koordinator Humas Panlok 46 Jogja, Anwar Efendi menuturkan dengan jadwal yang sama, tidak ada celah bagi para peserta SNMPTN untuk bisa mengikuti agenda ganda, registrasi ulang dan ujian SBMPTN. Peserta SNMPTN akan disibukkan dengan pemadatan agenda registrasi sehingga menutup peluang untuk ikut ujian SBMPTN.
“Apalagi SBMPTN dilakukan hanya satu hari. Tapi perlu diingat, ada dua materi tes, siang sampai pagi dan itu mustahil bagi peserta SNMPTN untuk ikut pula ujian SBMPTN,” katanya.

Advertisement

Tidak hanya itu saja, panitia verifikasi faktual telah disiapkan untuk mencocokkan data siswa yang dikirim secara online dengan yang asli. Pada proses verifikasi faktual pada 17 Juni mendatang, peserta lolos SNMPTN diwajibkan hadir membawa persyaratan yang telah ditentukan.

“Calon mahasiswa baru yang tidak hadir pada pengarahan dan verifikasi sesuai jadwal tersebut dianggap mengundurkan diri dan dicoret sebagai calon mahasiswa baru UNY tahun akademik 2014-2015 dari jalur SNMPTN,” kata dia.

Sanksi berat juga diberikan bila terjadi ketidaksesuai data online dengan yang asli. Hanya saja, sebelum memberikan sanksi, panitia terlebih dahulu mengundang sekolah untuk melakukan klarifikasi terkait dengan kesahalan yang dilakukan oleh pihak sekolah. Setiap laporan yang diterima oleh panitia akan dikirim ke pusat untuk nantinya memutuskan sanksi yang akan dijatuhkan kepada sekolah yang kedapatan melakukan kecurangan.

Advertisement

Anwar menjelaskan mahasiswa yang dinyatakan lolos verifikasi diwajibkan melakukan daftar ulang dan mengikuti pemeriksaan kesehatan di kampus UNY. Calon mahasiswa baru diwajibkan membawa dokumen persyaratan seperti kartu peserta SNMPTN dan Bidik Misi, buku rapor asli, ijazah sekolah, rekening listrik dua bulan, kartu keluar ga C1 yang dilegalisir dan pajak bumi dan bangunan (PBB).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif